Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebanon Sebut Israel Tak Punya Bukti Terowongan Hezbollah di Perbatasan

Kompas.com - 06/12/2018, 18:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Parlemen Lebanon menyebut Israel tak dapat memberikan bukti akan keberadaan terowongan yang diduga dibangun kelompok Hezbollah untuk melancarkan serangan melintasi perbatasan.

Militer Israel telah meluncurkan operasi terbuka pada Selasa (4/12/2018), yang disebut Operasi Perisai Utara untuk menghancurkan terowongan yang disebut dibangun kelompok Hezbollah.

Gambar-gambar yang disebarluaskan oleh militer Israel menunjukkan mesin berat sedang menggali tanah, namun tidak tampak sesuatu seperti lubang masuk terowongan.

Proses penggalian berlanjut hingga Rabu (5/12/2018), seperti dilaporkan media Israel, menyebut operasi militer dapat memakan waktu berminggu-minggu, dengan alat berat dikerahkan di perbatasan yang dijaga ketat.

Baca juga: Israel Lancarkan Operasi Militer untuk Hancurkan Terowongan Hezbollah

Namun parlemen Lebanon, melalui juru bicaranya Nabih Berri mengatakan, Israel tidak memberikan bukti adanya terowongan yang dimaksudkan.

"Orang-orang Israel tidak memberikan informasi apa pun saat digelar pertemuan antara tentara Lebanon dengan UNIFIL, pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon," kata Berri melalui pernyataan dari kantornya.

"Lebanon telah meminta untuk koordinat geografis dari lokasi terowongan yang dimaksud, tetapi tidak menerima apa pun," tambah pernyataan itu, seperti dilansir The New Arab.

Pendapat senada disampaikan anggota parlemen Lebanon lainnya, Ali Bazzi, yang menegaskan Israel tak memiliki bukti atas klaimnya.

Dia menyebut operasi militer yang dilakukan hanya sebagai pengalih perhatian dan upaya Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk menghindari kemungkinan dakwaan baru untuk tuduhan korupsi.

Kementerian Luar Negeri Lebanon akan mengajukan keluhan kepada PBB tentang Israel yang dianggap telah melakukan pelanggaran berulang. Demikian disampaikan kantor berita nasional Lebanon, NNA.

Sebelumnya disampaikan juru bicara militer Israel Letkol Jonathan Conricus, sejumlah terowongan yang diyakini milik Hezbollah ditemukan di perbatasan negaranya dengan Lebanon.

Terowongan tersebut belum difungsikan namun diyakini digunakan untuk menyusup ke wilayah Israel.

Pihaknya menolak menyebutkan jumlah terowongan yang telah dideteksi dan bagaimana mereka akan menghancurkannya.

Baca juga: AS Dukung Rencana Israel Menghancurkan Terowongan Hezbollah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com