Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Warga AS Keturunan Kenya Ditangkap karena Mendukung ISIS

Kompas.com - 23/01/2019, 06:55 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tiga warga negara AS keturunan Kenya didakwa mendukung Negara Islam Irak dan Suriah(ISIS) setelah ditangkap di bandara Gerald R Ford, Michigan.

Aparat yang berwenang, Selasa (22/1/2019) mengatakan, ketiga pria bersaudara berusia 20-an itu, diketahui merekam video yang menyatakan kesetiaan mereka kepada ISIS.

Dalam video itu mereka mendiskusikan kemungkinan untuk melakukan serangan mobil di AS jika salah satu dari mereka gagal terbang ke luar negeri untuk bertempur bersama ISIS.

Baca juga: Keluarga Pelaku Serangan Bom di New York dan New Jersey Mendukung ISIS

Selain itu, salah satu dari ketiga orang ini memang sudah diawasi karena sejak April 2016 dia mengunggah dukungan untuk ISIS di akun Facebook-nya.

Sejumlah agen FBI yang menyamar kemudian berkomunikasi dengan para tersangka dan memeriksa akun media sosial mereka untuk memantau komunikasi antara ketiga pria itu.

Ketiganya kemudian ditangkap pada Senin (21/1/2019) di bandara Gerald R Ford di Grand Rapids, Michigan.

Salah satunya diidentifikasi sebagai Muse Abdikadir Muse (23) alias Muse Muse yang ditangkap saat melewati proses pemeriksaan.

Aparat berwenang mengatakan Muse telah melakukan "check in" untuk penerbangan menuju ke Mogadishu, Somalia dengan tujuan untuk bergabung dengan ISIS.

Selain itu, aparat berwenang juga menangkap dua orang lainnya di terminal bandara yaitu Mohamud Abdikadir Muse (20) yang adalah saudara Muse Muse.

Satu orang lainnya yang ditangkap adalah Mohamed Salat Haji (26), yang juga masih kerabat Muse.

Baca juga: Survei: Jumlah Pemuda Arab yang Mendukung ISIS Menurun

Keduanya didakwa membantu Muse yaitu membelikan tiket dan mengantarkan pria itu ke bandara.

Ketiga pria warga naturalisasi AS asal Kenya itu kemudian didakwa melakukan konspirasi menyediakan bantuan bagi organisasi teroris internasional.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com