Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Karya Sang Istri Jadi Favorit Barack Obama di Tahun 2018

Kompas.com - 03/01/2019, 18:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Mantan presiden AS, Barack Obama baru-baru memposting deretan judul buku, film, dan lagu favoritnya untuk tahun 2018 di Facebook.

Politisi dari Partai Demokrat itu tanpa ragu menuliskan bahwa buku karya sang istri, Michelle, yang berjudul "Becoming" adalah buku terfavoritnya pada tahun 2018.

"Jelas menjadi favorit saya," tulis Obama di samping judul buku karya sang istri, dalam postingan di Facebook, pada 28 Desember 2018 lalu.

Buku tersebut mengisahkan tentang cerita perjalanan hidup Michelle Obama sebelum, saat dan setelah masa-masa menjadi Ibu Negara Amerika Serikat dan tinggal di Gedung Putih.

Baca juga: Michelle Obama Ungkap Perasaannya ketika Trump Terpilih Jadi Presiden

Obama sebelumnya telah mencatat bahwa "Becoming" berada dalam daftar buku yang harus dibacanya pada tahun ini. Dia juga mengatakan ingin berbagi pilihan-pilihan utamanya dalam beberapa kategori.

"Saya ingin melanjutkan tradisi favorit saya dan berbagi daftar akhir tahun saya," tulis Obama.

"Ini memberi saya momen untuk berhenti sejenak dan merefleksikan satu tahun melalui buku-buku, film, dan musik yang menurut saya paling membangkitkan semangat, menginspirasi, atau hanya sekadar memang pantas untuk disukai," lanjutnya.

"Ini memberi saya kesempatan untuk menyoroti para penulis, artis, dan penulis naskah yang berbakat, beberapa nama bahkan mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya," tambah Obama.

Selain buku karya sang istri, Obama menulis sejumlah judul buku favoritnya di tahun 2018, beberapa di antaranya yakni "An American Marriage" karya Tayari Jones, "Educated" oleh Tara Westover, "Factfulness" dari penulis Hans Rosling, "How Democracies Die" karya Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, serta "Long Walk to Freedom" karya Nelson Mandela.

Baca juga: Obama Jadi Sinterklas demi Hibur Anak-anak di Rumah Sakit

Sedangkan untuk film-film favorit, Obama menyebut 15 judul favorit, yang di antaranya adalah "Black Panther", "BlacKkKlansman", "If Beale Street Could Talk", dan sebuah dokumenter berjudul "Won’t You Be My Neighbor", yang mengisahkan tentang kehidupan bertetangga.

Obama juga menuliskan daftar 23 lagu favoritnya di tahun 2018, di antaranya "Bad Bad News" dari Leon Bridges, "Ekombe" yang dibawakan Jupiter & Okwess, "I Like It" dari Cardi B, dan "Need a Little Time" oleh Courtney Barnett.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com