Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Unik Duryea Bersaudara, Pemenang Balap Mobil Pertama di AS

Kompas.com - 28/11/2018, 17:41 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dunia otomotif di Amerika Serikat semakin berkembang sejak diadakannya The Chicago Times-Herald Motor Race. Ajang balapan pertama itu terselenggara berkat surat kabar Chicago Times-Herald yang gencar membuat promosi dan hadiah menggiurkan bagi para kontestan.

Pada ajang itu, Frank Duryea berhasil memenangkan pertandingan. Mobil Buggyaut Automobile yang digunakan merupakan hasil karya dari saudaranya, Charles Duryea.

Berbekal kemenangan pada ajang itu, akhirnya keduanya mampu menjual beberapa mobil menggunakan bahan bakar bensin di Amerika Serikat.

Berikut fakta menarik mengenai Duryea Bersaudara:

1. Berhasil membuat mobil

Pada 20 September 1893, mobil pertama Duryea bersaudara berhasil dibangun. Mobil itu kemudian diuji coba di jalan-jalan umum umum Springfield, Massachusetts.

Kemudian pada 1896, Charles Duryea dan Frank Duryea mendirikan Perusahaan Duryea Motor Wagon. Perusahaan ini dikenal sebagai pertama yang memproduksi dan menjual kendaraan bertenaga bensin dan menjual mobil untuk dijual ke publik.  

Kantor penjualan berlokasi di Broadway, New York City.

Dalan perkembanganya, perusahaan itu berhasil menjual 13 mobil model Duryea, model limosin dan tetap memberikan layanan produksi hingga 1920-an.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Balapan Mobil Pertama di Amerika Serikat

2. Balapan pertama

Ajang The Chicago Times-Herald Motor Race dimanfaatkannya dengan baik. Berhadapan dengan enam mobil lainnya, Frank Duryea berhasil finis pada posisi pertama.

Suhu sekitar -1 derajat Celsius menjadi tantangan bagi pebalap. Apalagi salju setebal 15 sentimeter menyelimuti jalan untuk balapan.

Perlombaan itu mengerikan karena badai salju besar datang dan menyebabkan beberapa mobil kontestan terjebak di tumpukan salju, meluncur ke kendaraan lain dan terhenti.

Namun, mobil Duryea berhasil melakukan perjalanan dengan kecepatan rata-rata 8,04 kilometer per jam menerjang badai. Duryea menyelesaikan lomba dalam 10 jam dan 23 menit.

Pemenangnya berhasil mendapatkan hadiah 5.000 dollar dan penggemar yang melihat mobil ini datang serta memberikan hadiah buat pemenang.

Dalam tulisan di surat kabar Chicago Times-Herald memberitakan perlombaan ini akan merubah perkembangan industri otomotif di Amerika Serikat.

3. Kecelakaan pertama

Pada Maret 1896, Charles dan Frank Duryea menawarkan untuk penjualan mobil komersial pertama.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com