Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang Dirayakan di Hibiya Park Tokyo

Kompas.com - 31/07/2018, 22:21 WIB
Heru Margianto

Editor


TOKYO, KOMPAS.com – Peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dirayakan dalam Festival Indonesia 2018 di Hibiya Park, Tokyo, Jepang, Minggu (29/7/2018). Acara yang rencananya dimulai sejak Sabtu (28/7/2018) terpaksa diundur karena badai taifun yang melanda Jepang.

“Jepang dan Indonesia telah menjadi mitra strategis dalam berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di sela-sela acara Festival Indonesia, Minggu.

Puan menghadiri acara festival bersama Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mewakili keluarga Presiden pertama Indonesia Soekarno yang memulai hubungan diplomatik Indonesia-Jepang pada 20 Januari 1958.

Selain Puan dan Megawati, hadir pula Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Utusan Khusus Presiden untuk Jepang Rachmat Gobel, Dubes RI untuk Jepang Arifin Tasrif, Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Iwao Horii, Wakil Presiden Japan-Indonesia Association Kojiro Shiojiri, Anggota DPR RI Herman Hery, serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

“Harapan saya, peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang merupakan momentum strategis bagi kedua negara untuk meningkatkan kerja sama dan maju bersama," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/7/2018).

Festival Indonesia dilaksanakan sebagai wahana untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi kekayaan budaya seni dan potensi Indonesia kepada pemerintah dan masyarakat Jepang serta sarana komunikasi bagi warga negara Indonesia yang tinggal di Jepang untuk tetap melestarikan budaya bangsa dan adat istiadatnya.

Festival Indonesia ini diisi dengan panggung pagelaran budaya tradisional Indonesia dan Jepang, exhibition area, workshop, area kuliner, dan area permainan anak.

Acara juga dimeriahkan oleh lagu, tarian budaya kedua negara, serta penampilan dari penyanyi tanah air serta Jepang.

Menurut Puan, persahabatan yang terjalin terus meningkat dari tahun ke tahun, tidak hanya antar negara tetapi berproses menjadi persahabatan antar masyarakat.

Hingga saat ini terdapat berbagai program kemitraan yang dilakukan Indonesia dan Jepang. Di bidang kesehatan, misalnya, tenaga kerja Indonesia yang bekerja sebagai perawat dan pengasuh di Jepang jumlahnya terus meningkat sejak 2008.

Di sektor pendidikan, pemerintah Indonesia dan Jepang melakukan kerjasama untuk Science and Technology Research Partnership for Sustainable Development.

Selanjutnya, di sektor budaya kerjasama dua negara dilakukan dalam bentuk pengenalan dan pertukaran budaya melalui Festival Film, pertukaran pelajar untuk mempelajari kesenian masing-masing negara, dan kemitraan lainnya.

Dalam acara ini, Puan juga mengunjungi stan Indonesia yang berada di exhibition area, seperti stan Asian Games 2018 dan stan yang menyajikan berbagai kerajinan khas Indonesia.

Menko Puan juga sempat bertemu dengan anak-anak Indonesia yang bersekolah di Sekolah Republik Indonesia Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com