Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Film Forrest Gump, Pria Ini Mengarungi AS dengan Berlari

Kompas.com - 28/03/2018, 13:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Bagi yang pernah menonton film Forrest Gump, pasti tahu tentang adegan ikonik di mana Gump berlari melintasi Amerika Serikat (AS).

Dalam film itu, Gump yang diperankan Tom Hanks dipercaya mengarungi Negeri "Paman Sam" sepanjang 15.248 mil, atau 24.539 kilometer.

Jarak tersebut kelihatannya mustahil. Namun dilansir Oddity Central Selasa (27/3/2018), seorang pria asal Liverpool, Inggris berniat untuk menghidupkan kembali adegan epik Gump.

Pria bernama Rob Pope tersebut bahkan berambisi untuk memecahkan jarak yang ditempuh Gump. Pope berencana berlari menempuh 15.600 mil, atau 25.105 kilometer selama 409 hari.

Sejak awal, Pope memang sudah mempunyai rencana untuk berlari melintasi AS. Namun, sejak menonton Forrest Gump pada 1994, keinginannya menjadi makin kuat.

Baca juga : Chicco Jerikho Ikut Lari Maraton karena Forrest Gump

Dalam kacamata penilaian Pope, Gump adalah sosok yang tidak menghakimi orang berdasarkan ras, kepandaian, atau latar belakang kehidupannya.

"Saya kira film itu, dan terutama karakter Forrest Gump, merupakan cerita kehidupan yang indah di mana kita diajarkan untuk tidak cepat menilai orang," papar Pope.

Demi menggapai impiannya, pria 39 tahun itu memutuskan keluar dari pekerjaannya sebagai dokter hewan, dan memulai kampanye berlarinya di 15 September 2016.

Untuk membuatnya semirip mungkin dengan karakter Gump, Pope mengenakan topi dan kaos yang dipakai Gump ketika berlari. Tidak hanya itu, dia juga membiarkan jenggotnya tumbuh lebat.

Berlari dengan jarak tempuh 40 mil, sekitar 64 kilometer per hari, Pope dilaporkan telah empat kali melintasi Negeri "Paman Sam".

Tantangan bukan tidak diterima oleh Pope. Dia harus berlari dalam cuaca terik, dingin, bahkan dalam kesendirian yang ditengarai bakal mengancam kesehatan mentalnya.

Belum lagi ancaman cedera seperti peradangan otot Achilles, maupun otot paha depan robek karena kurangnya latihan yang dia lakukan.

Namun, Pope menegaskan kalau dia tidak akan berhenti. Apalagi, ketika aksinya menjadi viral, dan ada orang yang mengenalinya di jalan.

Orang-orang bakal meneriakinya "Lari Forrest, Lari!" setiap kali dia berpapasan dengan mereka. "Jika semua orang menjadi seperti Forrest Gump, dunia bakal menjadi tempat yang lebih baik," kata Pope.

Saat ini, Pope tinggal menempuh jarak 200 mil, atau 321,8 kilometer, yang bakal dia laksanakan pada 29 April mendatang.

Saat ini, Pope tengah pulang ke Liverpool untuk mendampingi istrinya yang baru saja melahirkan anak perempuan mereka.

Baca juga : Antara Dory dan Forrest Gump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com