Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2018, 09:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Permasalahan yang dialami ratusan gerai restoran ayam goreng cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC), di Inggris belum menunjukkan tanda akan selesai.

Terhitung sejak akhir pekan lalu hingga hari ini, ratusan cabang restoran itu di wilayah Inggris masih menempelkan pengumuman "Tutup" karena tak adanya pasokan daging ayam.

Situasi tersebut banyak membuat banyak pelanggan restoran itu kecewa. Mereka menumpahkan kekesalan mereka di media sosial.

Bahkan, banyak yang kemudian menelepon kantor polisi setempat dan menyampaikan keluhan mereka.

Baca juga: Krisis KFC Landa Inggris, Polisi Diminta Turun Tangan

Namun Manajemen KFC untuk wilayah Inggris dan Irlandia memiliki cara tersendiri dalam membuat situasi yang tak menguntungkan itu.

Melalui surat kabar, pada Jumat (23/2/2018), KFC memasang sebuah iklan sekaligus sebagai permohonan maaf satu halaman penuh.

Iklan tersebut salah satunya dimuat pada surat kabar Metro edisi 23 Februari 2018.

Dan yang membuatnya tak biasa adalah foto dalam iklan tersebut. Menampilkan sebuah foto wadah ayam goreng KFC yang kosong dan sedikit serpihan tepung ayam goreng tumpah.

Terdapat logo Sang Kolonel, namun tulisan yang ada pada wadah bukanlah 'KFC', melainkan diubah susunan hurufnya menjadi 'FCK', seolah mengekspresikan kekesalan pelanggan.

Juga terdapat pesan permohonan maaf singkat di bagian bawah iklan.

"Kami minta maaf. Sebuah restoran ayam yang tidak memiliki ayam. Sungguh tidak ideal."

"Mohon maaf sebesar-besarnya kepada pelanggan kami, terutama mereka yang telah sengaja bepergian hanya untuk menemukan bahkan kami sedang tutup."

"Juga kepada karyawan KFC dan mitra kami yang terus berupaya mengatasi masalah ini. Sungguh ini adalah pekan yang sulit."

"Namun kami membuat kemajuan dan setiap hari akan semakin banyak daging ayam segar yang dikirim ke restoran kami. Terima kasih karena bersabar dengan kami," tulis surat permohonan maaf dari KFC tersebut.

Baca juga: Ayam KFC Dijual Seharga Rp 470 Juta di Toko Online

Iklan unik tersebut terbukti dapat menarik perhatian pelanggan. Bahkan disebut sebagai langkah mengatasi krisis yang cerdas.

"KFC meminta maaf dengan iklan satu halaman penuh di surat kabar Metro edisi hari ini. Sebuah langkah manajemen krisis yang berkelas," tulis konsultan Humas, Andrew BLoch dalam akun Twitter-nya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com