Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manik Sarkar, Menteri Utama Termiskin di India

Kompas.com - 01/02/2018, 15:36 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

AGARTALA, KOMPAS.com - Tak semua orang saat menjadi pejabat memanfaatkan semua fasiltitas, kekuasaan, dan kesempatan untuk memperkaya diri sendiri.

Salah satunya adalah menteri utama negara bagian Tripura, Manik Sarkar yang dianggap sebagai pejabat termiskin di India.

Jabatan menteri utama jika di Indonesia bisa disejajarkan dengan gubernur.

Meski sudah berkuasa sejak 1998, politisi berusia 69 tahun ini nyaris tak punya kekayaan bahkan di rekening banknya hanya terdapat uang sebesar 2.410 rupee atau setara Rp 507.000!

Baca juga : Presiden Termiskin di Dunia Sebut Presiden Venezuela Gila seperti Kambing

Jumlah uang dalam rekening bank ini dilampirkan anggota Partai Komunis Marxis India (CPI-M) dalam surat pernyataan saat mendaftarkan diri untuk pemilihan setempat.

Selain uang yang tak seberapa, Manik juga melaporkan tanah miliknya seluas 48 meter persegi di pinggiran ibu kota Agartala.

Tanah yang tak seberapa luas ini adalah milik pribadi Manik dan kakak perempuannya.

Manik juga tak memiliki mobil pribadi, investasi atau aset. Dia bahkan tak memiliki telepon genggam, alamat email, dan tidak aktif di media sosial.

"Manik menyumbangkan seluruh gajinya sebagai menetri utama sebesar 26.315 rupee (Rp 5,5 juta) untuk kas partai. Sebagai imbalan partai memberinya tunjangan bulanan sebesar 9.700 rupee (Rp 2 juta) per bulan," kata Ketua CPI-M Haripada Das.

"Kami meneladani hidup sederhana Manik. Istrinya, Panchali Bhattacharjee, tak pernah menggunakan mobil dinas. Dia bepergian menggunakan becak atau transportasi umum," tambah Das.

Menurut surat pernyataan Manik, sang istri yang pensiunan pegawai pemerintah pusat masih mendapatkan penghasilan sekitar Rp 4 juta sebulan dan memiliki tabungan sekitar Rp 256 juta di bank.

Bhattacharjee juga mewarisi aset tak bergerak berupa bangunan dan 20 gram perhiasan emas. Di Tripura pasangan yang tak memiliki anak ini tinggal di rumah dinas yang disediakan negara.

Baca juga : Presiden Termiskin Ajak Seorang Warga Menumpang Mobilnya

Gaya hidup sederhana Manik Sarkar ini tak hanya dikagumi kawan-kawannya. Para lawan politiknya juga tak segan memberi pujian.

Di antara para politisi sayap kiri di India, Manik Sarkar merupakan salah seorang tokoh politik papan atas di negara bagian Tripura.

Negara bagian ini diperintah politisi sayap kiri sejak 1978, kecuali pada 1988-1993, ketika Partai Kongres dan sekutunya Partai Tripura Upajati Juba Samity berkuasa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com