Kompas.com - 20/05/2016, 10:20 WIB
EditorErvan Hardoko

MONTEVIDEO, KOMPAS.com — Mantan Presiden Uruguay Jose Mujica menyebut, Presiden Venezuela Nicolas Maduro sebagai sosok "gila seperti kambing".

"Semua orang di Venezuela gila. Mereka berbicara tentang semua hal dan tidak memperbaiki apa pun," kata Mujica kepada radio lokal Uruguay, Canal 10, pada Rabu (18/5/2016).

Mujica, politisi kiri yang memimpin Uruguay pada 2010-2015, diwawancarai soal perseteruan antara Maduro dan Luis Almargo, politisi Uruguay yang memimpin Organisasi Negara-negara Amerika Latin (OAS).

Perseteruan itu muncul setelah Almargo memperingatkan Maduro bahwa dia berisiko menjadi seorang "diktator kelas teri" dan mendesak dia untuk menggelar referendum.

Tak terima dikritik, Maduro kemudian menuduh Almargo sebagai agen CIA dan pengkhianat. Dalam hal ini, Mujica membela Almargo.

"Dia bukan pengkhianat. Dia adalah pengacara dan budak hukum," ujar Mujica tentang pria yang pernah menjadi menteri luar negeri pada masa pemerintahannya.

Mujica menambahkan, dia sangat menghormati Nicolas Maduro. Namun, hal itu bukan berarti dia tak bisa mengkritik penerus Hugo Chavez itu.

"Rakyat Venezuela harus menyelesaikan masalah mereka dengan cara mereka sendiri," ujar Mujica yang dijuluki "Presiden Termiskin di Dunia".

Venezuela kini menghadapi krisis ekonomi yang sangat buruk dengan angka inflasi tertinggi di dunia dan berbagai macam penghematan.

Sejumlah jajak pendapat menunjukkan bahwa sebagian besar rakyat Venezuela menginginkan Nicolas Maduro lengser dari jabatannya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.