Patung Memorial Putri Diana Bakal Dipindah dari Mal Mewah di London - Kompas.com

Patung Memorial Putri Diana Bakal Dipindah dari Mal Mewah di London

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 14/01/2018, 16:36 WIB
Patung memorial Putri Diana dan Dodi Al Fayed selama 20 tahun terpasang di pusat perbelanjaan mewah, Harrods di London.John D McHugh / AFP Patung memorial Putri Diana dan Dodi Al Fayed selama 20 tahun terpasang di pusat perbelanjaan mewah, Harrods di London.

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah patung perunggu untuk mengenang mendiang Putri Diana dan kekasihnya Dodi Al Fayed, akan dipindahkan dari sebuah pusat perbelanjaan mewah di Inggris.

Patung pasangan kekasih yang tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris itu telah dipasang di mal mewah, Harrods sejak 2005. Berbentuk sosok Putri Diana dan Dodi Al Fayed yang tengah melepaskan seekor burung.

Pemasangan patung itu atas permintaan Mohammed Al Fayed, pemilik pusat perbelanjaan yang juga ayah dari kekasih mendiang putri Diana yang turut serta menjadi korban dalam kecelakaan.

Baca juga: 20 Tahun Berlalu, Inggris Belum Lupakan Kematian Putri Diana...

Namun sejak 2010, Harrods sudah berpindah tangan ke perusahaan Qatar Investment Authority.

Direktur Pusat Perbelanjaan Michael Ward mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan patung yang dibuat sebagai kenangan atas pasangan tersebut.

"Kami bangga dapat menjadi bagian dari upaya mengenang kehidupan Putri Diana dan Dodi Al Fayed dengan menyambut orang-orang di seluruh dunia untuk datang dan mengunjungi memorial tersebut selama 20 tahun," kata Ward.

"Namun kami merasa saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan patung tersebut kepada Tuan Al Fayed dan kepada publik untuk diundang memberikan penghormatan mereka di istana," tambahnya.

Meski rencanaya telah diumumkan, namun belum dapat dipastikan kapan memorial itu akan dipindahkan, maupun apakah patung masih akan dibuka untuk umum.

Baca juga: Berlian Putri Diana dalam Cincin Tunangan Pangeran Harry dan Meghan Markle

Juru bicara keluarga Al Fayed menyampaikan terima kasihnya atas perusahaan Qatar yang telah merawat memorial tersebut. Mereka juga menambahkan siap membawa pulang patung itu.

Patung tersebut dipesan langsung oleh Mohammed Al Fayed dan dibuat oleh seniman Bill Mitchell yang telah mengabdi pada keluarga Fayed selama 40 tahun.

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM