Koalisi Saudi Dilaporkan Serang Rute Pasokan Utama Houthi - Kompas.com

Koalisi Saudi Dilaporkan Serang Rute Pasokan Utama Houthi

Veronika Yasinta
Kompas.com - 05/01/2018, 10:48 WIB
Lebih dari 10.000 penduduk Yaman tewas sejak Arab Saudi melakukan intervensi dalam perang melawan kelompok Houthi. (Al Masirah via Al Jazeera)
 Lebih dari 10.000 penduduk Yaman tewas sejak Arab Saudi melakukan intervensi dalam perang melawan kelompok Houthi. (Al Masirah via Al Jazeera)


SANAA, KOMPAS.com — Koalisi pimpinan Arab Saudi yang berperang di Yaman telah membunuh puluhan pejuang Houthi dan memotong salah satu rute pasokan utama pada Rabu (3/1/2018).

Dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (4/1/2018), serangan tersebut terjadi di Taiz, kota terbesar ketiga di Yaman.

Penghancuran rute tersebut dinilai sebagai kemajuan besar bagi pasukan koalisi yang didukung negara Barat dalam perang selama tiga tahun.

Kantor berita Uni Emirat Arab, WAM, melaporkan, pasukan Yaman yang didukung UEA menggerebek markas Houthi yang terletak di antara Al Khoukha dan kota Heys untuk mengamankan area Laut Merah.

Baca juga: Koalisi Pimpinan Arab Saudi Serang Yaman dalam 24 Jam, 48 Orang Tewas

"Angkatan bersenjata Emirat dan pasukan Yaman berhasil memotong jalur pasokan Houthi di antara Hodeidah dan Taiz di selatan kota Heys," ujar sumber di militer UEA.

Puluhan pejuang Houthi juga dilaporkan tewas dalam serangan itu.

Juru bicara militer Yaman yang dikendalikan Houthi tidak dapat dihubungi untuk konfirmasi.

Baca juga: Houthi Paksa Warga Sipil di Yaman Berperang

Kelompok Houthi telah menguasai Yaman sejak 2014, melawan pemerintahan Presiden Yaman Abd Rabbu Mansour Hadi yang diakui secara internasional.

Konflik tersbeut juga dipandang sebagai perang antara saingan regional Arab Saudi dan Iran. Perang tersebut membuat 2 juta penduduk mengungsi, menyebabkan wabah kolera, dan menewaskan 10.000 warga sipil.

PenulisVeronika Yasinta
EditorVeronika Yasinta
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM