Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia 27 Tahun, Jetsun Pema Jadi Ratu Termuda di Dunia

Kompas.com - 12/12/2017, 11:41 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


THIMPHU, KOMPAS.com - Namanya mungkin tak populer seperti Ratu Elizabeth II, penguasa monarki Inggris. Namun, Ratu Bhutan, Jetsun Pema, dinobatkan menjadi ratu termuda di dunia saat ini.

Bhutan merupakan negara kecil di Asia Selatan yang berbentuk kerajaan dan dikenal dengan Negeri Naga Guntur. Wilayahnya terhimpit antara India dan China.

Lalu, bagaimana Jetsun Pema mendapat gelar ratu termuda dunia?

Dilansir dari The Independent, Senin (11/12/2017), Pema memperoleh takhtanya di usia 21 tahun pada Oktober 2011, ketika dia menikah dengan Raja Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuck, yang kini berusia 37 tahun.

Baca juga : Tanam 49.672 Pohon dalam Satu Jam, Bhutan Cetak Rekor Dunia

Pasangan itu kemudian dikaruniai seorang anak laki-laki, Jigme Namgyel Wangchuck, yang masih berumur satu tahun.

Keduanya menuntut ilmu di Inggris, kemudian jatuh cinta dan menikah. Mereka juga dijuluki sebagai William dan Kate dari Himalaya. Pangeran Inggris dan istrinya itu juga pernah mengunjungi mereka pada April 2016.

Sebelum mendapatkan gelar ratu, Pema berkuliah di Regent's College, London. Dia mengambil studi hubungan internasional, psikologi, dan sejarah seni.

Seperti diketahui, pasangan itu sangat menyukai seni. Sementara, raja yang dikenal dengan sebutan Raja Naga, belajar di Universitas Oxford.

Sebenarnya, keluarga Jema masih memiliki hubungan jauh dengan kerajaan. Dia merupakan anak perempuan dari seorang pilot, namun kakek buyutnya merupakan pemimpin provinsi Tashigang, Bhutan.

Sementara itu, kakek dari pihak ibunya merupakan saudara beda ibu dari istri raja Bhutan kedua.

Dia aktif dalam beberapa organisasi amal seperti Palang Merah Bhutan, Pengembangan Masyarakat Bhutan, dan Asosiasi Ginjal Bhutan.

Berbicara tentang Pema, Raja Jigme pernah mengatakan kepada wartawan rasa bahagianya menikahi Pema.

"Saya telah menanti waktu yang lama untuk menikah. Tapi itu tak masalah ketika menikah dengan orang yang tepat. Saya menikah dengan orang yang tepat," katanya.

"Dia adalah orang yang menakjubkan, dan pintar. Dia dan saya berbagi satu hal yang sama yaitu cinta dan hasrat pada seni," tambahnya.

Terakhir, keduanya pernah terlihat di New Delhi, India, pada Oktober lalu, dengan membawa anak mereka yang masih berusia satu tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com