Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanam 49.672 Pohon dalam Satu Jam, Bhutan Cetak Rekor Dunia

Kompas.com - 03/06/2015, 20:51 WIB

THIMPHU, KOMPAS.com - Sebanyak 100 orang sukarelawan di Bhutan mencatat rekor dunia baru setelah suksesn menanam 49.672 batang pohon dalam satu jam. Demikian laporan wartawan BBC Vikas Pandey.

Prestasi para sukarelawan Bhutan itu mengalahkan rekor sebelumnya dengan selisih 10.000 batang pohon yang dicatat tim India tiga tahun lalu.

Para penanam pohon Bhutan berkumpul di ibu kota Thimphu untuk melakukan penanaman pohon massal ini. Guinness World Records sudah memastikan rekor ini.

Pemerintah kerajaan di pegunungan Himalaya ini menganggap penting usaha perlindungan lingkungan. Apalagi sebanyak 75 persen wilayah Bhutan adalah hutan.

"Negara ini bahagia. Rekor dunia ini menunjukkan generasi muda Bhutan menginginkan masa depan yang bersih dan hijau. Kami tidak akan melakukan kompromi terkait hal itu," kata pengurus penanaman pohon Karma Tshering.

Negara Buddha berpenduduk 700.000 orang itu  terletak di antara India dan China itu berusaha keras melindungi diri dari pengaruh dunia luar. Sehingga negara ini baru mengizinkan televisi dan internet sepuluh tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com