Pesepeda di Australia Minta Aturan Wajib Pakai Helm Diperlunak - Kompas.com

Pesepeda di Australia Minta Aturan Wajib Pakai Helm Diperlunak

Kompas.com - 06/12/2017, 14:36 WIB
Pesepeda di Australia meminta aturan wajib memakai helm saat mengendarai sepeda makin diperlunak. (Australia Plus) Pesepeda di Australia meminta aturan wajib memakai helm saat mengendarai sepeda makin diperlunak. (Australia Plus)


CANBERRA, KOMPAS.com - Pesepeda di Australia meminta aturan wajib memakai helm saat mengendarai sepeda makin diperlunak.

Australia menjadi negara pertama di dunia yang mewajibkan pengendara sepeda memakai helm, bahkan termasuk dari sedikit negara yang memberlakukan denda jika melanggar aturan tersebut.  

Dilansir dari Australia Plus, Selasa (5/12/2017), kini muncul seruan agar pemerintah Australia mengikuti Kawasan Australia Utara, untuk memperlunak aturan wajib penggunaan helm.

Undang-undang keselamatan sepeda di Kawasan Australia Utara tidak mengharuskan pesepeda memakai helm, asalkan mereka berusia di atas 17 tahun dan tidak bersepeda di jalan raya.

Baca juga : Inggris Ingin Wajibkan Pesepeda Gunakan Helm dan Rompi

Seruan pelunakan aturan ini mengemuka setelah organisasi pesepeda terbesar di Australia, Bicycle Network, ingin meninjau kembali aturan tersebut melalui hasil surveinya.

Bicycle Network, dengan anggota sekitar 50 ribu orang, baru-baru ini membuat survei dan menemukan 30 persen responden merasa akan bersepeda lebih sering jika penggunaan helm tidak diwajibkan.

Mereka juga menemukan lebih dari 60 persen pesepeda yakin bisa naik sepeda tanpa helm, jika mereka menginginkannya.

Seorang senator dari Demokrat Liberal, David Leyonhjelm, mengatakan hasil survei ini menunjukkan warga percaya pada kemampuan mereka sendiri untuk menilai risiko saat tak memakai helm.

Baca juga : Makin Banyak New Yorker yang Memilih Bersepeda

"Memang benar jika terjatuh, kepala Anda bisa terkena dan jika tidak beruntung, bisa terluka parah," katanya.

Direktur eksekutif Bicycle Network, Craig Richards mengatakan, organisasinya mempertimbangkan kembali dukungan mereka soal UU wajib penggunaan helm.

"Secara organisasi, kami menjadi pendukung kuat soal helm, tapi pertanyaannya sekarang adalah apakah kemudian helm harus diwajibkan?" ucapnya.

Bicycle Network akan melihat kembali tinjauan literatur sebelum menentukan posisi mereka di April mendatang. Selain itu, mereka juga meminta pembuat UU untuk bisa mempelajari pendekatan yang longgar seperti di Kawasan Australia Utara.

Baca juga : Australia Siapkan Denda Publik bagi Pelaku Penyebar Pornografi

"[Kawasan Australia Utara] menjadi satu-satunya tempat di Australia di mana Anda tidak perlu pakai helm setiap saat, dan kami melihat sepertinya ini bukanlah masalah yang besar," katanya.

Dia juga membenarkan pendapat yang mengeluhkan peraturan soal helm telah membuat warga enggan bersepeda, bahkan untuk jarak dekat.

"Salah satu argumennya adalah helm menghentikan orang-orang menjadi aktif bersepeda," ucapnya.

EditorVeronika Yasinta
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM