Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah di AS Ini Larang Polisi Gunakan Toilet Mereka

Kompas.com - 20/11/2017, 18:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Sebuah sekolah di kawasan Brooklyn, New York, berupaya menjauhkan petugas polisi dari pandangan siswa.

Salah satunya cara yang dilakukan dengan melarang petugas menggunakan kamar mandi atau toilet di sekolah tersebut.

Brooklyn College di kota New York tampaknya ingin mengambil hati para siswa yang tak menyukai polisi dengan mengarahkan polisi ke sebuah fasilitas kamar mandi yang jauh.

Baca juga: Aksi Heroik Guru Wanita Melawan Penembak Siswa di Sekolah AS

Kepala Keamanan Publik Sekolah Donald Wenz berkata pada koran sekolah The Excelsior, mereka sedang berusaha menjauhkan petugas kepolisian New York dari pandangan siswa.

Meski berkata setiap kamar mandi sekolah secara teknis terbuka bagi polisi, namun mereka tetap memilih mengarahkan para polisi yang sedang istirahat untuk menggunakan kamar mandi di gedung barat sekolah.

Fasilitas kamar mandi di gedung barat sekolah itu jauh dari kata layak dengan sejumlah bagian rusak.

Salah satu siswa yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, mereka tengah menyiapkan petisi kepada kepala sekolah untuk secara resmi mengeluarkan larangan polisi berada di lingkungan sekolah.

"Kami tidak ini anggota kepolisian New York berada di lingkungan sekolah, bahkan untuk sekadar menggunakan kamar mandi," kata siswa itu.

Ketua Organisasi Siswa Nissim Said menyalahkan sentimen terhadap polisi itu berawal dari operasi penyamaran yang dilakukan polisi untuk masuk ke komunitas muslim di sekolah dan mencari teroris.

Wenz mengatakan, saat siswa melihat petugas polisi beberapa merasakan ada sesuatu yang salah sedang terjadi.

Meski demikian, jurubicara sekolah mengatakan polisi bebas menggunakan fasilitas kamar mandi sekolah sebagai bentuk sopan santun.

Baca juga: Penembakan di Kantin Sekolah AS, Dua Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com