Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pelaku Kedua Terkait Teror New York

Kompas.com - 02/11/2017, 13:41 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Biro Penyelidik Federal (FBI) Amerika Serikat telah menemukan pelaku kedua terkait aksi teror bermobil di New York.

Pria bernama Mukhammadzoir Kadirov sudah diketahui keberadaannya, satu jam setelah FBI merilis wajah pria berusia 32 tahun itu.

Dilansir dari AFP, Kamis (2/11/2017), Asisten Direktur FBI New York, William Sweeney mengatakan, petugasnya sudah menemukan titik lokasi Kadirov.

"Kami telah menemukannya dan saya akan menyimpan informasi selanjutnya," katanya.

Dalam akun Twitter resmi FBI New York, biro itu mengharapkan berbagai informasi dari masyarakat mengenai profil Kadirov.

 


Sebelumnya, petugas telah mengamankan pelaku teror bermobil di New York, Sayfulloh Saipov, yang telah menewaskan 8 orang.

Di pengadilan federal, Saipov mengatakan, penyerangan itu sudah direncanakan dua bulan lalu. Dia memilih momen Halloween karena jalan-jalan akan dipadati oleh warga.

Pejabat terkait juga menemukan 90 grafis dan video kekerasan propaganda ISIS di ponselnya.

Saipov menyebut, aksinya terinspirasi dari ISIS. Dalam video itu, pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi meminta umat Islam untuk membalas dendam atas kematian di Irak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com