Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 "Hal Bodoh" yang Pernah Dilakukan Sejumlah Negara di Dunia

Kompas.com - 27/10/2017, 08:53 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

 
LONDON, KOMPAS.com - Pemisahan Inggris dari Uni Eropa atau lebih dikenal dengan istilah British Exit (Brexit) dinilai pengusaha ternama, Michael Bloomberg, sebagai tindakan terbodoh.

Sangat sulit bagi Bloomberg untuk membayangkan kenapa orang-orang menyumbangkan suara melawan sistem perdagangan yang sudah bekerja sempurna dan menghasilkan uang amat besar.

"Saya pikir itu salah satu hal terbodoh yang pernah dilakukan sebuah negara, selain terpilihnya Trump," kata dia, seperti yang tertulis di The Guardian.

Ternyata tak hanya itu. Tercatat ada tidakan-tindakan "bodoh" yang pernah dilakukan sebuah banyak negara, baik di era modern maupun kuno.

Baca: Foto Ruki Ditempel di Kuda Troya Simbol Penyusup ke KPK

Laman The Guardian, pada Rabu (25/20/2017), menuliskan lima tindakan "bodoh" yang pernah terjadi dalam sebuah negara atau pemerintahan.

1. Kuda Troya

Sebuah wilayah di Asia Barat kuno, terdapat sebuah kota dengan peradaban maju dan bentangan alam yang cantik bernama Kota Troya.

Yunani berusaha merebut kawasan itu selama 10 tahun. Wilayah yang dipimpin oleh Deifobos itu harus menerima kekalahan dari Yunani hanya karena patung kuda besar.

Bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Ternyata, pihak Yunani membuat patung kuda besar dan memasukkan prajurit ke dalamnya.

Orang Yunani berpura-pura meninggalkan wilayah itu dan mengirimkan utusan untuk meyakinkan penduduk Troya bahwa Yunani telah pergi karena menyerah.

Lantas, penduduk Troya mengambil patung kuda kayu itu sebagai lambang kemenangan.

Saat malam tiba, pasukan Yunani keluar dari patung kuda untuk menyerbu kota itu. Seketika, Troya berhasil dikuasai Yunani.

2. Prajurit Upahan Raja Vortigern

Pada abad ke-5, Raja Vortigern menguasai daratan Inggris kuno dengan sebuah masalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com