Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Oksigen Terburuk di India, 85 Anak Tewas di Rumah Sakit

Kompas.com - 15/08/2017, 05:49 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Dua puluh lima anak tewas akhir pekan lalu di sebuah rumah sakit pemerintah di India utara akibat dilanda kekurangan oksigen.

Kematian terbaru itu menambah jumlah korban tewas menjadi 85 orang, kata pihak berwenang kepada kantor berita Perancis, AFP, Senin (14/8/2017) malam.

Media India telah menghubungkan 30 kasus kematian pada Kamis (10/8/2017) dan Jumat (11/8/2017) pekan lalu akibat kurangnya pasokan oksigen setelah pihak rumah sakit menunggak tagihan kepada pemasok.

Pihak berwenang sejak awal telah melakukan penyelidikan menyeluruh tentang penyebab gangguan oksigen, namun membantah laporan bahwa pihaknya bertanggung jawab atas kematian di RS Baba Raghav Das di Gorakhpur, di negara bagian Uttar Pradesh itu.

"Saya bisa memastikan, ada 12 kasus kematian anak pada Sabtu (12/8/2017) dan 13 kasus kematian lagi pada Minggu (13/8/2017)," kata PK Singh, seorang kepala sekolah, Senin (14/8/2017) malam.

Baca: Diduga Kekurangan Oksigen, 60 Anak Meninggal di Rumah Sakit di India

Pernyataan resmi sebelumnya mengkonfirmasi, 60 anak tewas dalam lima hari sejak Senin (7/8/2017).

Menteri Besar Uttar Pradesh, Yogi Adityanath, seorang imam Hindu garis keras dari partai Perdana Menteri Narendra Modi, telah berjanji untuk menghukum siapapun yang lalai dalam urusan pengadaan tabung oksigen di rumah sakit tersebut.

Adityanath memerintahkan penyelidikan terhadap peristiwa kematian yang dianggap tak wajar tersebut.

Disebutkan dalam pernyataan Yogi, kematian terjadi di bangsal anak-anak di rumah sakit tersebut sejak Senin (7/8/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com