Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Mata Haru Warnai Pengibaran ‘Merah Putih’ di Canberra

Kompas.com - 06/08/2017, 06:00 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com -  Bendera ‘Merah Putih’ kembali dikibarkan di kawasan Danau Burley Griffin, ikon utama Canberra, ibu kota Australia, Sabtu (5/8/2017).

Tradisi Agustus-an ini dilakukan sebagai sebuah tradisi atau kebiasaan unik oleh masyarakat Indonesia di Canberra setiap akan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tradisi tahunan ini kembali dilakukan pada tahun 2017 guna memompa semangat patriotisme dan nasionalime mereka meski berada jauh dari Tanah Air,” demikian keterangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra kepada Kompas.com, Sabtu.

Sedikitnya 300 WNI yang terdiri dari tokoh masyarakat, kalangan profesional, mahasiswa dan pelajar, perwira dan siswa TNI, hingga diplomat, dengan bangga membentangkan bendera kebangsaan itu.

Sambil mengibarkan ‘Merah Putih’ mereka menyanyikan lagu-lagu perjuangan, yakni Hari Merdeka, Halo-Halo Bandung, dan Sorak-Sorak Bergembira.

Begitu khidmatnya mereka menyanyikan lagu-lagu nasional tersebut sehingga beberapa dari mereka tak kuasa menitikkan air mata saking terharunya.

Baca: Merah Putih Berkibar di Atas Hamparan Salju Australia

Hawa dingin dan berangin yang mencapai 5 derajat Celcius pada Sabtu pagi tak mampu menyurutkan semangat mereka.

Padahal saat ini, udara musim dingin di Canberra merupakan yang terdingin sepanjang 33 tahun terakhir ini.

Semangat kebangsaan

Pengibaran bendera Merah Putih dilakukan ditengah-tengah acara Gerak Jalan Santai yang dibuka oleh Duta Besar RI untuk Australia, Y  Kristiarto S Legowo.

Gerak jalan melintasi rute sejauh sekitar empat kilometer, dari kantor KBRI Canberra dan mengitari Commonwealth Park di pusat ibu kota Australia itu.

Menurut Dubes Kristiarto,  kegiatan ini memang secara khusus digelar oleh KBRI Canberra dalam rangka memperingati dan merayakan HUT Kemerdekaan RI dan meningkatkan semangat kebangsaan WNI sekaligus untuk memperkuat persatuan antar-mereka.

"Mereka telah menunjukkan bawa meski jauh dari Tanah Air, kecintaan dan kebanggaan masyarakat Indonesia di Australia terhadap bangsa dan negara Indonesia tak akan pernah luntur, dan justru semakin menguat", ujarnya.

Baca: HUT RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Tertinggi di Eropa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com