Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terempas Dorongan Mesin Jet di Bandara St Maarten, Turis Ini Tewas

Kompas.com - 13/07/2017, 22:29 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

ST MAARTEN, KOMPAS.com - Seorang turis meninggal dunia di dekat salah satu bandar udara paling berbahaya di dunia.

Perempuan 57 tahun asal Selandia Baru itu dikabarkan tengah menyaksikan sebuah pesawat yang akan lepas landas dari bandara Putri Juliana di St Maarten, Karibia saat dia terdorong embusan salah satu mesin jet pesawat itu.

Setelah terjatuh dan tak sadarkan diri, perempuan itu dilarikan ke rumah sakit. Namun, akhirnya dia dinyatakan meninggal dunia akibat luka di bagian kepalanya.

Terjepit antara pantai yang ramai di satu sisi dan sebuah gunung di sisi lainnya membuat bandara di St Maarten ini menjadi salah satu yang paling berbahaya.

Baca: Diduga Kena Serangan Jantung, Seorang Wisatawan Tewas Saat Rafting

Begitu dekatnya bandara dengan pantai membuat para wisatawan bisa melihat perut pesawat yang akan mendarat saat melintas beberapa meter di atas kepala mereka.

Sebagian turis yang nekat bahkan mendekatkan diri mereka ke pagar bandara dan berusaha bertahan saat pesawat-pesawat berbadan lebar yang akan lepas landas mengembuskan dorongan mesin jetnya.

Meski pengelola banda sudah memasang papan peringatan agar turis menjauh saat pesawat hendak lepas lands, tetapi hal itu tak menghalangi para wisatawan untuk melakukan aksi mendebarkan itu.

Turis Selandia Baru yang belum disebutkan identitasnya itu diketahui berpegangan ke pagar bandara sebelum akhirnya terjatuh diempaskan hembusan mesin jet yang sangat kuat.

Direktur Turisme St Maarten Rolando Brison, kepada harian New Zealand Herald, mengatakan, dia sudah bertemu dengan keluarga turis yang meninggal dunia itu.

"Saya sudah bertemu dengan keluarga korban dan mereka mengakui apa yang mereka lakukan adalah salah," kata Brison.

"Mereka sudah membaca papan peringatan itu, dan mereka menyesal perilaku mereka berujung kepada hal yang sangat buruk," tambah Brison.

Sementara kepolisian setempat langsung memberikan peringatan kepada para turis yang ingin menyaksikan pesawat-pesawat yang akan lepas landas.

Baca: Libur Natal, Dua Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Jepara

"Banyak turis yang datang ingin merasakan ketegangan saat menyaksikan pesawat yang akan mendarat atau lepas landas," demikian kepolisian St Maarten.

"Mereka berpegangan ke pagar bandara dan berusaha bertahan dari dorongan tenaga mesin jet yang sangat kuat. Padahal perilaku ini sangat berbahaya," lanjut kepolisian.

Seberapa dekatkah pesawat yang hendak mendarat di St Maarten dengan para wisatawan di pantai? Silakan saksikan di video berikut ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com