Jerman Legalisasi Pernikahan Sejenis, tapi Kanselir Merkel Menentang - Kompas.com

Jerman Legalisasi Pernikahan Sejenis, tapi Kanselir Merkel Menentang

Kompas.com - 30/06/2017, 16:15 WIB
Matthias Balk / dpa / AFP Kanselir Jerman Angela Merkel.

BERLIN, KOMPAS.com -  Jerman melegalisasi pernikahan bagi pasangan sesama jenis di negara itu.

Namun, Kanselir Angela Merkel menentang perubahan yang membuat Jerman bergabung dengan banyak negara barat lain,  yang memberikan hak bagi pasangan gay dan lesbian, termasuk adopsi.

Pemungutan suara untuk rancangan undang-undang ini diajukan oleh kubu rival Merkel, yang menanggapi pernyataan Sang Kanselir awal minggu ini.

Ternyata, ungkapan Merkel melahirkan kebijakan yang berbalik arah, hingga sempat menimbulkan kemarahan dari kubu konservatif di mana dia bernaung.  

Baca: Akankah Jerman Legalkan Pernikahan Sesama Jenis?

Awalnya, Merkel mengizinkan anggota parlemen Partai Demokrat Kristen (MPU) untuk memilih dengan suara hati tanpa harus mengikuti garis partai, terkait RUU tersebut.

Dan ternyata, dalam pemungutan suara pada hari terakhir sebelum masa reses musim panas ini, menunjukkan dominasi persetujuan terhadap RUU tersebut.

Merkel, Jumat (30/6/2017), langsung menegaskan, bahwa dia memilih untuk tetap menentang legalisasi tersebut.

Sebab, dia mengaku yakin bahwa pernikahan hanya dapat terjadi antara pria dan wanita.

"Bagi saya, pernikahan sebagaimana didefinisikan dalam konstitusi Jerman berarti pernikahan antara suami dan istri, dan karena itulah saya memilih menentang aturan UU hari ini," kata Merkel.

Kendati demikian, Merkel mengaku telah berubah pikiran dalam hal adopsi. Dulu, dia pun menentang adopsi anak oleh pasangan sesama jenis.

"Saya telah memikirkan banyak hal tentang kesejahteraan anak, dan sekarang saya sampai pada keyakinan bahwa pasangan sesama jenis harus bisa bersama-sama mengadopsi anak-anak," kata Merkel.

Setelah undang-undang tersebut disahkan, maka hukum Jerman akan berubah, di mana pernikahan dapat dilakukan oleh dua orang, dengan jenis kelamin yang berbeda atau pun sama.

Hasil pemungutan suara itu mendatangkan kegembiraan bagi para pendukung pernikahan sejenis di Jerman, yang kemudian merayakannya.  

Regulasi baru ini diperkirakan akan mulai berlaku sebelum akhir tahun 2017.

Baca: Homoseksualitas, dari Hukuman Mati hingga Pernikahan Sejenis...  

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM