Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Pendeta dan Satu Tokoh Syiah Hilang, Minoritas Malaysia Ketakutan

Kompas.com - 08/06/2017, 09:30 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Beberapa bulan setelah tiga pendeta Kristen dan seorang penyebar Islam Syiah menghilang, yang diduga karena diculik atau penghilangan paksa, ketakutan menyelimuti warga pemeluk agama minoritas di Malaysia.

Tiga pendeta menghilang antara pertengahan Februari hingga Maret 2017. Sedangkan tokoh Syiah itu menghilang pada November 2016.

Kini para aktivis HAM Malaysia, mengeritik polisi karena lamban dalam mengungkap kasus tersebut dan terkesan tidak transparan.

Surat khabar Inggris, The Guardian, dalam laporannya pada Rabu (7/6/2017), menyebutkan, hilangnya tiga pendeta dan tokoh Syiah menimbukan ketakutan atau kekhawatiran pada kaum minoritas agama.

Baca: Dituduh Menghina Islam, Penyanyi Rap Malaysia Ditahan

Kalangan minoritas menilai, pihak berwenang telah menargetkan kelompok-kelompok minoritas agama dengan melakukan penculikan dan penahanan di luar hukum.

Bukti video dan para saksi mata menunjukkan bahwa kelompok yang sangat terorganisir telah melakukan penculikan di depan umum.

Beberapa bulan setelah empat orang itu menghilang, anggota keluarga tidak sedikitpun mengetahui keberadaan mereka.

Para aktivis HAM mengatakan bahwa polisi telah terlalu "santai" dalam melaksanakan tugasnya untuk menyelidiki kasus tersebut.

"Dapatkah saya berpikir, negara terlibat dengan kasus ini? Ini adalah pertanyaan yang sulit dijawab," kata Suzanna Liew, istri Raymond Koh, seorang pendeta yang hilang pada 13 Februari 2017.

Baca: Malaysia Batalkan Pemindahan Agama Seorang Anak

Bisakah saya mengabaikan kemungkinan bahwa orang-orang yang berkuasa terlibat dalam kasus ini atau mengetahui lebih banyak dari apa yang mereka akui? Tidak, saya tidak bisa," ujarnya.

Koh dituduh telah mencoba untuk mempengaruhi Muslim – yang dikategorikan sebagai kejahatan di Malaysia – dan telah menerima ancaman akan dibunuh.

Sedikit sekali informasi mengenai penculikan pendeta Joshua Hilmy, yang semula adalah seorang Muslim, dan istrinya Ruth, yang dilaporkan hilang pada Maret 2017.

Orang keempat, tokoh Islam Syiah, juga menghilang dengan cara yang sama, yakni diculik orang-orang tak dikenal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com