Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Film Paling Tak Laku Sepanjang Sejarah di Inggris?

Kompas.com - 07/04/2017, 20:14 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Film terbaru Shia LaBeouf ternyata tak membuat para petugas loket bioskop di Inggris terlalu sibuk.

Pada akhir pemutaran pertamanya di Inggris, film perang berjudul Man Down yang juga dibintangi Gary Oldman, Jai Courtney dan Kate Mara, hanya menghasilkan 7 poundsterlinag atau kurang dari Rp 120.000 alias hanya terjual satu lembar tiket saja.

Agar lebih mudah membayangkan pendapatan film ini, di sepanjang akhir pekan yang sama, Beauty and the Beast memperoleh 6,75 juta poundsterling atau hampir satu juta kali lebih banyak.

Mengapa perolehan Man Down bisa begitu rendah? Nah, untuk bersikap adil, film itu hanya diputar di satu tempat saja yaitu di bioskop Cinema Reel di Burnley.

Pemutaran perdana film yang disutradarai Dito Montiel itu dilakukan bertepatan dengan peluncuran simultan film tersebut pada platform digital.

Meski demikian, bioskop Cinema Reel mengabarkan kepada BBC  setelah itu mereka berhasil menjual empat tiket lagi, termasuk dua tiket untuk pemutaran Rabu (5/4/2017).

Kendati popularitas film itu tak terlalu melonjak, para staf mengatakan ada 'beberapa media' yang mengontak mereka.

Baca: "Man Down", Kisah Suram Veteran Perang yang Melelahkan

Pemutaran film hanya di satu bioskop mungkin saja dilakukan untuk mengamankan ulasan di media.

Tapi Man Down juga tidak bernasib terlalu baik dengan kritik dan ulasan para pengamat perfilman.

Harian The Daily Telegraph mengatakan Man Down adalah 'lokasi bom dari sebuah film' dan memberikannya satu dari lima bintang.

Sementara ulasan The Guardian memberinya dua bintang sebagai film yang disebutkan tak layak tonton.

Tapi ada iNews yang memberikan tiga bintang.

"Sungguh mustahil mempermasalahkan komitmen Shia LaBeouf pada peran utama sebagai mantan marinir yang menderita stres pascatrauma," demikian ulasan iNews.

Film lain yang dirilis akhir pekan lalu yang hanya dibuka di satu bioskop, antara lain Guru, yang meraup 17 poundsterling, dan film horor The Void, yang meraup 1.163 poundsterling, seperti terlihat dari data British Film Institute.

Dan tahun lalu, film Colonia yang dibintangi aktris Beauty and The Beast, Emma Watson, hanya memperoleh 47 poundsterling selama akhir pekan perdananya di Inggris.

Namun, sebuah pertanyaan yang tak terjawab hingga kini adalah sosok penggemar Shia LaBeouf yang membeli satu-satunya tiket di pemutaran perdana Man Down.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com