Pasukan Irak Kuasai Rute Pelarian ISIS di Mosul - Kompas.com

Pasukan Irak Kuasai Rute Pelarian ISIS di Mosul

Kompas.com - 01/03/2017, 18:48 WIB
ARIS MESSINIS / AFP Persenjataan berat pasukan Irak mengincar posisi ISIS di sisi barat kota Mosul. Sejak pertengahan Februari lalu, Irak melancarkan operasi militer untuk merebut sisi barat kota Mosul.

MOSUL, KOMPAS.com - Pasukan Irak berhasil mengambil alih kendali ruas jalan utama terakhir di sisi barat Mosul yang awalnya dikuasai ISIS.

Seorang jenderal AD Irak kepada Reuters mengatakan, dengan dikuasainya ruas jalan itu maka anggota ISIS kini terjebak di dalam kota.

"Saat ini pasukan lapis baja ke-9 berada sekitar satu mil di luar 'Gerbang Suriah', pintu masuk sisi barat laut Mosul," ujar sang jenderal, Rabu (1/3/2017).

Sementara itu, sejumlah penduduk Mosul mengatakan mereka tak bisa menggunakan jalan yang berawal dari 'Gerbang Suriah' sejak Selasa (28/2/2017).

Pasukan Irak berhasil menguasai sisi timur kota Mosul setelah melalui 100 hari pertempuran. Kini pada 19 Februari lalu, Irak menggelar serangan ke sisi barat kota tersebut.

Jika pasukan Irak sukses mengalahkan ISIS di Mosul, maka mereka akan menghancurkan sayap kekalifahan yang diproklamasikan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi pada 2014.

Para komandan militer AS telah mengungkapkan keyakinannya bahwa pasukan Irak yang didukung AS akan merebut Mosul dan Raqqa, di Suriah dalam waktu enam bulan.


EditorErvan Hardoko
SumberTelegraph,
Komentar

Close Ads X