Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Irak Kuasai Rute Pelarian ISIS di Mosul

Kompas.com - 01/03/2017, 18:48 WIB

MOSUL, KOMPAS.com - Pasukan Irak berhasil mengambil alih kendali ruas jalan utama terakhir di sisi barat Mosul yang awalnya dikuasai ISIS.

Seorang jenderal AD Irak kepada Reuters mengatakan, dengan dikuasainya ruas jalan itu maka anggota ISIS kini terjebak di dalam kota.

"Saat ini pasukan lapis baja ke-9 berada sekitar satu mil di luar 'Gerbang Suriah', pintu masuk sisi barat laut Mosul," ujar sang jenderal, Rabu (1/3/2017).

Sementara itu, sejumlah penduduk Mosul mengatakan mereka tak bisa menggunakan jalan yang berawal dari 'Gerbang Suriah' sejak Selasa (28/2/2017).

Pasukan Irak berhasil menguasai sisi timur kota Mosul setelah melalui 100 hari pertempuran. Kini pada 19 Februari lalu, Irak menggelar serangan ke sisi barat kota tersebut.

Jika pasukan Irak sukses mengalahkan ISIS di Mosul, maka mereka akan menghancurkan sayap kekalifahan yang diproklamasikan pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi pada 2014.

Para komandan militer AS telah mengungkapkan keyakinannya bahwa pasukan Irak yang didukung AS akan merebut Mosul dan Raqqa, di Suriah dalam waktu enam bulan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com