Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Rombak Kabinet, Tunjuk Perempuan Pertama Jadi Gubernur

Kompas.com - 17/02/2017, 08:17 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir, Kamis (16/2/2017), melantik sembilan menteri baru dalam kabinet Perdana Menteri Sherif Ismail dan lima gubernur baru, seorang di antaranya perempuan.

Menurut situs berita News24, para menteri baru itu dilantik oleh Presiden Abdel Fattah al-Sisi.

Mereka adalah menteri pertanian, urusan parlemen, investasi dan kerjasama internasional, perdagangan, pembangunan daerah, perencanaan, pendidikan, pendidikan tinggi, dan transportasi.

Bersama sembilan menteri itu, Sisi juga melantik lima gubernur baru. Salah seorang di antaranya, adalah Nadia Saleh, yang dilantik sebagai gubernur Propinsi Beheira di kawasan Delta Nil.

Nadia yang juga seorang pakar teknik, seperti dilaporkan VOA Indonesia.

Ia sudah menjabat sebagai wakil gubernur daerah itu sejak tahun 2013 dan perempuan pertama yang diangkat menjadi gubernur di Mesir.

Penunjukkan Nadia sebagai gubernur bertolakbelakang dengan tradisi Mesir yang biasanya menunjuk pensiunan militer atau polisi sebagai gubernur, khususnya di daerah yang terletak di perbatasan internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com