Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Orang Keracunan Gas Karbon Monoksida di Belgia

Kompas.com - 12/02/2017, 10:09 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Sekitar 70 orang menderita keracunan gas karbon monoksida, termasuk lima orang dalam kondisi serius, di acara karting dalam ruangan di Belgia tengah, Sabtu (11/2/2017).

Pihak berwenang mengatakan, insiden itu terjadi pada Sabtu sekitar pukul 20.30 waktu setempat atau Minggu dini hari di Wavre, yang bejarak 30 km dari Brussels, ibu kota Belgia.

Kart racing atau karting adalah suatu variasi balapan yang dilakukan menggunakan kendaraan roda empat yang kecil dan terbuka atau gokar, yang biasanya digelar luar ruang.

Para korban dibawa ke rumah sakit setempat di Belgia tengah untuk mendapatkan pengobatan.

"Semua korban telah dievakuasi dari lokasi karting," ujar wali kota Wavre, Francoise Pigeolet, sebagaimana dilaporkan kantor berita Belga seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Pigeolet mengatakan, tidak ada yang berada dalam kondisi kritis. Menurut aparat pemerintah kota tersebut, kegiatan karting dihadiri sekitar 150 orang.

Laporan-laporan media lokal Belgia mengatakan, dua malam sebelumnya para peserta sudah mengeluhkan asap karbon monoksida.

Pigeolet mengatakan penyidik percaya bahwa sistem ventilasi yang rusak adalah kemungkinan penyebab insiden tersebut.

Pada halaman Facebook-nya, Wavre Indoor Karting selaku penyelenggara mengatakan hal itu "jelas sangat prihatin dengan kejadian ini" dan memberikan dukungan "sepenuh hati" kepada para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com