Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Bunuh Empat Tentara di Yaman Selatan

Kompas.com - 16/01/2017, 17:45 WIB

ADEN, KOMPAS.com – Kelompok teror Al Qaeda semakin menguat di Yaman, terutama di bagian selatan di negara paling miskin di dunia Arab itu.

Empat tentara dibunuh dan tiga lainnya terluka di kota Loder, Yaman selatan, akibat serangan oleh terduga kelompok Al Qaeda, kata pejabat keamanan negara itu pada Senin (16/1/2016).

Serangan itu merupakan yang terbaru setelah berbagai serangan mematikan sebelumnya yang dilakukan kelompok tersebut.

 

"Elemen-elemen teroris pada Minggu (15/1/2017) petang menyerang tentara di sebuah pos pemeriksaan, di kota Loder,  Provinsi Abyan,” kata seorang pejabat, seperti dilaporkan AFP.

“Baku tembak berlangsung setengah jam, menewaskan empat tentara dan melukai tiga orang lainnya. Tidak diketahui berapa orang tewas dan terluka di antara penyerang,” katanya.

Amerika Serikat telah mencap Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) sebagai salah satu jaringan teroris paling berbahaya di dunia.

AQAP dan saingannya, kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), telah mengeksploitasi kekosongan kekuasaan akibat pemberontakan Houthi, untuk memperluas kehadiran mereka di Yaman, terutama di bagian selatan.

Sebenarnya para pejuang Al Qaeda telah diusir dari kota-kota di selatan di Provinsi Abyan pada September 2016 oleh pasukan pemerintah yang didukung koalisi Arab.

Para militan Al Qaeda itu kabur ke daerah yang sulit dijangkau. Namun, sebagian pasukan Al Qaeda masih bergerilya di sekitar kota Loder.

"Mereka terus melancarkan ancaman terhadap lembaga penegak hukum," kata sumber sambil mengungkapkan bawah AQAP mengklaim bertanggungjawab atas serangan bom mobil di Loder yang menewaskan belasan orang pekan lau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com