Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puja Puji Obama untuk Tim Cavaliers yang Datang ke Gedung Putih

Kompas.com - 11/11/2016, 05:58 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menerima tim bola basket NBA Cavaliers dari Cleveland di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (10/11/2016) waktu setempat.

Seperti yang telah dijadwalkan, kedatangan LeBron James dan kawan-kawan adalah atas undangan Obama.

Undangan itu terkait dengan kesuksesan Cavs meraih gelar juara NBA pada musim kompetisi lalu.

Gelar itu diperoleh setelah Kota Cleveland menanti gelar juara olahraga profesional selama 52 tahun terakhir.

"Benar, saya mengatakan juara dunia dan Cleveland dalam diksi yang sama, itulah yang kita bicarakan tentang harapan dan perubahan," kata Obama dalam pertemuan tersebut.

Kalimat Obama itu merujuk pada gambaran perjuangan yang ditunjukkan Cavs, yang sempat tertinggal 1-3 atas tim Warriors dari Golden State, dari tujuh gim yang dipertandingkan.

"Melalui semua itu, Cleveland selalu menunjukkan 'Believeland'," kata Obama, seperti dikutip AFP.

Puja dan puji Obama tak berhenti sampai di situ. Obama pun menyoroti LeBron James dan Yayasan Keluarga LeBron James yang membantu 1.100 pelajar dari Akron, Ohio. 

Apresiasi juga diberikan untuk gerakan bintang Cavs lain, Kevin Love, terkait perlawanan terhadap serangan seksual di kampus-kampus. 

"The Cavs telah memberikan kembali apa yang diberikan oleh para fans," kata Obama.

"Lebih dari sekadar uang, para pemain dan pelatih telah melakukan sekitar 200 kunjungan tahunan ke sekolah-sekolah, rumah sakit, dan banyak tempat lain, termasuk program pendidikan yang menjangkau 100.000 anak di Ohio," ujarnya.

LeBron yang sebelumnya giat berkampanye dengan calon presiden Partai Demokrat, Hillary Clinton, datang ke Gedung Putih pada hari yang sama dengan kedatangan presiden terpilih, Donald Trump.

Baca: Bersama Hillary, LeBron James Terjun ke Arena Kampanye di Cleveland

Sehari setelah kemenangan Trump, Lebron pun mengumandangkan seruannya agar warga minoritas AS dan kaum perempuan tak putus asa dan terus berjuang untuk hidup mereka.

Baca: LeBron: Jangan Menyerah, Kemenangan Trump Bukan Akhir Segalanya...

Dalam acara di Gedung Putih ini, Presiden pun menerima sebuah jersey kehormatan bernomor punggung 16 lengkap dengan nama Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com