Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Suriah Rebut Satu Distrik Kota Aleppo dari Tangan Pemberontak

Kompas.com - 27/09/2016, 20:04 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Pasukan pemerintah Suriah, Selasa (27/9/2016), dikabarkan berhasil merebut kendali sebuah distrik yang dikuasai pemberontak di kota Aleppo.

"Angkatan darat mengambil alih kendali seluruh distrik Farafira di sisi barat laut Aleppo setelah menetralkan para teroris. Pasukan kami kini tengah membersihkan kawasan itu dari ranjau," kata seorang sumber militer Suriah.

Sumber itu mengatakan, gerak maju pasukan Suriah itu merupakan hasil dari operasi militer yang termasuk di dalamnya adalah serangan udara dan artileri.

Militer Suriah mengumumkan sebuah operasi militer untuk mengambil alih sisi timur kota Aleppo pada Kamis pekan lalu, setelah gencatan senjata selama sepekan berakhir.

Sejak berakhirnya gencatan senjata, pasukan Suriah dan jet-jet tempur Rusia menghujani sisi timur Aleppo dengan bom yang menyebabkan puluhan orang tewas.

Direbutnya distrik Farafira ini menandai keberhasilan pertama pasukan darat Suriah di dalam kota sejak operasi dimulai.

Sejak pertengahan 2012, kota Aleppo praktis terbagi dua antara sisi barat yang dikuasai pemerintah dan sisi timur yang dikendalikan pemberontak.

Selama beberapa bulan terakhir, pasukan darat Suriah mengepung sisi timur Aleppo yang mengakibatkan penderitaan rakyat kota itu semakin berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com