Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Karim Raslan
Pengamat ASEAN

Karim Raslan adalah kolumnis dan pengamat ASEAN. Dia telah menulis berbagai topik sejak 20 tahun silam. Kolomnya  CERITALAH, sudah dibukukan dalam "Ceritalah Malaysia" dan "Ceritalah Indonesia". Kini, kolom barunya CERITALAH ASEAN, akan terbit di Kompas.com setiap Kamis. Sebuah seri perjalanannya di Asia Tenggara mengeksplorasi topik yang lebih dari tema politik, mulai film, hiburan, gayahidup melalui esai khas Ceritalah. Ikuti Twitter dan Instagramnya di @fromKMR

Vietnam Menunjukkan Model bagi ASEAN

Kompas.com - 01/09/2016, 19:41 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorTri Wahono

Kawasan Ba Dinh di Hanoi tak jauh dari lokasi pemakaman Ho Chi Minh dan Gedung Perwakilan Rakyat.

Saya mengunjungi seorang janda berusia 77 tahun, Cao Ngoc Diep dan keluarganya di perumahan kuil leluhur mereka.

Di atas sebuah kuil kecil, terpajang foto mendiang suaminya, Cao Minh Phi yang terbunuh di Nha Trang pada 1968 oleh tentara Amerika. Usianya waktu itu baru 28 tahun, meninggalkan seorang istri berparas cantik dan empat orang anak--satu dari jutaan korban Perang Vietnam.

Cucu Ngoc yang bisa berbahasa Inggris mengajak saya berkeliling melihat kuil-kuil lainnya yang banyak berukir tulisan Tiongkok dan gambar-gambar dewa serta persembahan yang terdiri dari buah naga, cognac dan uang— begitu kental dengan budaya Vietnam.

Mengingat berita terakhir tentang Laut Tiongkok Selatan, kebanyakan orang berpendapat keras tentang Tiongkok. Dengan perbatasan Vietnam-Tiongkok yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 3 jam berkendara, ini menjadi sebuah kedekatan tersendiri.

Ngoc mengatakan dalam bahasa Inggris, "Kami curiga dengan Tiongkok. Kami tidak menyukai mereka." Neneknya, dalam bahasa Vietnam, menyaut tegas, "Tentu saja!"

KARIM RASLAN Foto suami Ngoc Diep, Cao Minh Phi, seorang prajurit yang menjadi korban Perang Vietnam pada tahun 1968 ketika hanya berumur 28 tahun.
Malam sebelumnya, seorang wartawan terkemuka yang baru saja kembali dari pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Vientiane menjelaskan, "Kami bekerja sama dalam bisnis dan ekonomi, tetapi ketika berbicara soal kedaulatan, kami bertarung." Menjadi orang Vietnam nampaknya akan selalu terlihat curiga terhadap Tiongkok.

Ini akan menjadi menarik bagaimana ASEAN memberikan respon terhadap pertumbuhan Tiongkok. Bisakah orang Vietnam, yang telah ribuan tahun hidup berdampingan dengan orang Tiongkok, menjadi model ASEAN dalam menyikapi isu tersebut?

Pada tahun 40 sesudah Masehi, pahlawan nasional Vietnam yang paling terkenal, Tru'ng Bersaudari, memimpin pemberontakan melawan Dinasti Han dengan menggunakan gajah. Pada 1400-an, bangsawan Le Loi mengusir tentara Ming, mendirikan dinasti yang paling lama berkuasa di Vietnam. Yang paling akhir, tentara Vietnam mengusir pasukan Tiongkok yang datang pada 1979.

Pada sisi lain, budaya Vietnam sangat kental dengan pengaruh Tiongkok. Bahasa Tiongkok menjadi bahasa hukum, sastra dan percakapan golongan elit Vietnam. Kuil Konfusius di Hanoi ditampilkan pada bagian belakang uang kertas 100.000 Dong.

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Vietnam dengan kontribusi 30% dari total impor. Di pasar kain tersibuk di Hanoi, sebagian besar kain yang dijual berasal dari Tiongkok. Anda akan mudah menemukan logo "Made in China" pada buku, mangkuk, ikat pinggang dan lain-lainnya.

Bahkan megaproyek infrastruktur Hanoi terbaru, Hanoi Metro, yang bernilai 553 juta dolar AS, akan dibangun oleh investor Tiongkok.

KARIM RASLAN Sebuah jalan sibuk di Hanoi.
Tapi persamaan antara kedua negara masih belum dapat menghilangkan dendam yang telah berlangsung selama berabad-abad. Pada 2014, protes keras terjadi setelah Tiongkok memasang alat bor minyak di daerah perairan yang menjadi sengketa di Laut Cina Selatan. Kedua negara juga berseteru terkait Paracels pada 1974 dan Spratlys pada 1988.

Dr Tran Cong Truc, mantan Ketua Umum Komite Pemerintah untuk Isu Perbatasan mengatakan, "Orang-orang merasa sangat sulit untuk memahami bagaimana Vietnam dan Tiongkok dapat bekerja sama dalam bidang ekonomi namun berseteru ketika berbicara soal kedaulatan negaranya. Untuk memahami itu, Anda harus melihat pada sejarah panjang antara kedua negara."

Meskipun ada kecurigaan yang mendalam pada Tiongkok, Vietnam tetap bersikap strategis dan berkepala dingin, tetap membangun sekutu dan memilih peperangan secara berhati-hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com