Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempar, Ada Kabar Penembakan di Bandara JFK New York

Kompas.com - 15/08/2016, 12:34 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Suasana di terminal 8 Bandara John F Kennedy, Minggu malam atau Senin WIB (15/8/2016), tiba-tiba riuh.

Seluruh orang yang berada di terminal itu dievakuasi setelah muncul laporan adanya penembakan di tempat tersebut.

Laporan ini diterima oleh otoritas bandara. Saat waktu menunjukkan pukul 21.30 seluruh orang yang ada di lokasi itu pun dievakuasi, demi pengamanan. 

Kemudian, seperti dilansir laman CNBC, otoritas setempat menyatakan, pada pukul 22.15, terminal 1 pun ditutup.

Penutupan terminal 1 dilakukan juga karena laporan ini. Dampak lainnya, ruas jalan Van Wyck Expressway pun ditutup.

Van Wyck Expressway atau yang juga dikenal dengan sebutan Interstate 678 adalah jalur jalan bebas hambatan di New York yang berujung di Bandara JFK.

Bahkan, petugas pemadam kebakaran kota New York, otoritas keamanan bandara, dan aparat kepolisian New York, termasuk agen penyidik federal (FBI) sudah meluncur ke lokasi kejadian. 

Tak terbukti
Namun belakangan, otoritas bandara menyatakan, seluruh laporan yang membuat kegaduhan di bandara tak terbukti.

Disebutkan, tidak ada kasus penembakan apalagi korban yang terluka di tempat itu.

"Penyelidikan awal menyimpulkan bahwa tidak ada penembakan di sini," demikian pernyataan tertulis yang dirilis pihak otoritas bandara New York dan New Jersey, sekitar pukul 23.20 waktu setempat. 

"Tentu tak ada korban yangt terluka pula. Saat ini kami pun tak menemukan adanya sisa peluru atau bukti lainnya bahwa telah terjadi penembakan di sini."

Senada dengan keterangan itu, Kepala Operasi Khusus Kepolisian New York Harry Wedin, melalui akun Twitter-nya pukul 00.20 menyatakan, seluruh terminal di bandara itu sudah disisir dan aman, tanpa ada bukti terjadi penembakan.

NBC News melaporkan, Terminal 8 pun telah kembali dibuka pada pukul 00.34.

Seorang petugas penegak hukum senior mengungkapkan, kasus ini berawal ketika seorang perempuan yang baru turun dari pesawat merasa mendengar suara tembakan.

Petugas lalu menyebut setidaknya ada satu "ear witness" yang mengaku mendengar suara tembakan.  Hal inilah yang lalu memicu kehebohan di tengah malam di Bandara New York.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com