Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Nikahi Napi, Lelaki Ini Ajukan Gugatan Hukum

Kompas.com - 30/07/2016, 16:25 WIB

LEXINGTON, KOMPAS.com - Demi mendapatkan lisensi untuk menikah di negara bagian Kentucky, Amerika Serikat, Bradley Jones harus membawa tunangannya ke kantor administrasi setempat.

Peraturan itu terdengar sangat sederhana. Namun tidak demikian bagi Jones.

Tunangannya adalah narapidana yang sedang menjalani hukuman di penjara. Sehingga, wanita itu tak bisa melakukan perjalanan ke mana pun.

Seperti diwartakan kantor berita Associated Press, Petugas dari wilayah Shelby, Sue Carole Perry menegaskan, undang-undang yang berlaku mewajibkan kedua calon pengantin menghadap ke kantor administrasi.

Menghadapi kendala tersebut, lelaki asal Louisville itu pun mengajukan gugatan kepada Perry melalui pengadilan federal, Kamis lalu.

Gugatan yang diajuan Jones itu terkait dengan pelanggaran hak konstitusional untuk menikah.

Berdasarkan kronologi yang dituangkan dalam surat gugatan terungkap, Perry pada 14 Juli menolak permohonan Jones untuk mendapatkan lisensi menikah dengan Kathryn Brooke Sauer.

Saur saat ini menjalani masa hukuman untuk kasus perampokan dan sejumlah tuntutan lain di Lembaga Pemasyarakatan Kentucky.

Atas kejahatan yang dilakukan itu, Sauer belum akan dibebaskan hingga tahun 2026.

Meski menghadapi gugatan itu, Perry tetap yakin bahwa aturan hukum melarangnya untuk mengeluarkan izin pernikahan jika kedua calon pengantin tak datang menghadap.

"Saya tetap tidak melihat celah hukum bahwa saya dapat mengeluarkan lisensi itu, jika mereka berdua tak datang ke kantor," ungkap Perry.

Janet Conover, petugas penjara di mana Sauer menjalani hukuman, menyatakan, pihaknya tak memiliki keberatan atas rencana pernikahan tersebut.

Namun demikian, Conover pun mengaku sudah memberitahukan Jones tentang regulasi yang mewajibkan Sauer untuk ikut saat pendaftaran. Padahal, sebagai narapidana hal itu mustahil bisa dilakukan.

Dalam gugatan disebutkan, Jones tidak mau menunggu untuk tidak segera menikah dengan Sauer, karena dia pemeluk agama yang taat. Jones pun menyebut Sauer memiliki sikap yang sama dengan dia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com