Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dukung Trump, Ted Cruz Kejutkan Konvensi Partai Republik

Kompas.com - 21/07/2016, 15:26 WIB

CLEVELAND, KOMPAS.com - Mantan bakal calon presiden Ted Cruz mengejutkan panggung konvensi Partai Republik, Rabu (20/7/2016), setelah dengan terang-terangan tidak mendukung Donald Trump.

Saat naik ke atas panggung, mereka yang hadir dalam konvensi langsung berdiri dan bertepuk tangan untuk senator asal Texas itu.

Namun, tepuk tangan meriah itu langsung berubah menjadi caci maki setelah jelas bahwa Cruz datang ke Cleveland bukan untuk mendukung mantan rivalnya itu.

"Kita layak mendapatkan memimpin yang memiliki prinsip, pemimpin yang mempersatukan kita semua berdasar nilai-nilai yang kita bagi bersama, pemimpin yang menyingkirkan kemarahan demi cinta," ujar Cruz mengkritik Trump.

"Jika kalian semua mencintai negara ini dan mencintai anak-anak kalian seperti juga halnya saya, mari memilih sesuai hati nurani kita," ujar Cruz di tengah massa yang terus meneriakkan nama Trump.

Di masa kampanye, Cruz dan Trump terlibat persaingan sengit dalam pemilihan pendahuluan. Persaingan itu menjadi masalah pribadi ketika Trump mengolok-olok istri Cruz.

Pada awal Mei, Cruz menyatakan mundur dari upayanya mencalonkan diri sebagai kandidat presiden dan menjadi peraih suara terbanyak kedua setelah Trump.

Banyak kalangan memperkirakan, Ted Cruz masih berpeluang menjadi calon presiden dari Partai Republik jika Donald Trump kalah dalam pemilihan presiden November mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com