Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 2 Tahun Ini 10.000 Migran Tewas di Laut Mediterania

Kompas.com - 20/07/2016, 15:00 WIB

ROME, KOMPAS.com – Petugas penjaga pantai Italia, Rabu (20/7/2016),  menyelamatkan lebih dari 3.200 migran dalam 25 operasi di Laut Mediterania, Selasa (19/7/2016).

Meski demikian, seorang migran di antaranya ditemukan tewas. Sejak 2014, lebih dari 10.000 migran tewas dan hilang akibat kapal yang mereka tumpangi tenggelam di Laut Mediterania.

Petugas jaga pantai mengatakan, operasi penyelamatan migran itu dilakukan bersama dengan Angkatan Laut Italia dan kelompok pegiat sosial lainnya.

Badan Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) mengatakan, dengan kedatangan 3.200 migran baru itu membuat total migran yang tiba di Itala dalam tahun ini sejak Januari telah mencapai lebih dari 80.000 orang.

Pihak UNHCR menjelaskan, “Kebanyakan mereka berasal dari negara-negara Afrika,” seperti dilaporkan kantor berita Agence France-Presse.

Bulan lalu, sebuah kapal pengangkut 562 migran terbalik di Laut Mediterania. Insiden itu direkam Angkatan Laut Italia Bettica yang sedang berpatroli dan melakukan penyelamatan.

Menurut AL Italia dalam sebuah pernyataan, lima orang tewas tenggelam saat perahu terbalik akibat terlalu sesak dan kapal menjadi tidak stabil oleh tingginya jumlah penumpang.

Para pelaut Italia itu berhasil menyelamatkan sekitar 550 jiwa dalam misi yang oleh para ahli migrasi digambarkan sebagai sebuah keajaiban.

"Ini adalah sebuah keajaiban," kata Flavio di Giacomo, juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com