Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Gorila Terpaksa Ditembak Mati Saat Serang Bocah yang Jatuh ke Kandang

Kompas.com - 29/05/2016, 20:30 WIB

CINCINNATI, KOMPAS.com - Petugas di Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat, terpaksa menembak mati seekor gorilla setelah seorang bocah lelaki terjatuh masuk ke dalam kandang hewan itu.

Sebelumnya, anak itu diketahui memanjat pagar penghalang dan terjatuh ke parit di dalam kandang. Sesaat kemudian, seekor gorila menangkap dan menyeretnya. 

Seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (29/5/2016), petugas kebun binatang mengaku terpaksa mengambil langkah itu, karena nyawa si bocah terancam.

Gorila yang mati ditembak itu memiliki bobot 180 kilogram. Sementara, kondisi bocah lelaki itu dikabarkan selamat dan dalam fase pemulihan. 

Terkait kasus yang terjadi Sabtu kemarin tersebut, pihak pengelola kebun binatang untuk sementara menutup kandang gorila dari pengunjung.

Diketahui, bocah itu jatuh dari ketinggian tiga meter sebelum masuk ke parit.

Di dalam rekaman video terlihat, anak itu diseret oleh gorila dari dalam parit. Anak kecil itu diseret selama kira-kira 10 menit, oleh gorila betina berusia 17 tahun bernama Harambe.

Direktur Kebun Binatang Cincinnati, Thane Maynard menegaskan, penembakan itu merupakan keputusan yang berat.

"Tapi kami membuat keputusan yang benar demi menyelamatkan nyawa anak tersebut," kata dia. 

Bocah itu kemudian dilarikan ke rumah sakit setempat dan belum ada informasi terkait kondisi detail dari korban. Namun sejumlah sumber telah menyebut bahwa anak ini akan segera pulih. 

Kejadian serupa terjadi pekan lalu di kebun binatang di Chili. Saat itu, petugas terpaksa menembak mati dua ekor singa yang menyerang seorang pengunjung di dalam kandang.

Pengunjung itu diduga mencoba melakukan bunuh diri. Sebelumnya dia melepas seluruh pakaiannya dan melompat masuk ke kandang hewan buas itu.

Pemandangan mengerikan pun sempat menjadi tontonan para pengunjungan yang memadati areal wisata itu. Akhirnya petugas menembak kedua singa itu, dan melarikan lelaki tersebut ke rumah sakit.

Baca: Lelaki Telanjang Mau Bunuh Diri di Kandang Singa, 2 Singa Terpaksa Ditembak Mati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com