Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondom Ditemukan di Dalam Usus Buntu Perempuan Kamerun

Kompas.com - 28/05/2016, 09:47 WIB

YAOUNDE, KOMPAS.com – Potongan-potongan kecil sebuah kondom ditemukan di dalam usus buntu seorang wanita setelah ia menelan-nya dua minggu sebelumnya ketika ia melakukan seks oral.

Situs berita The Independent, Jumat (27/5/2016), dokter bedah akhirnya menemukan kondom bekas di dalam usus butu seorang wanita Kamerun yang sebelumnya mengeluh sakit perut.

Dua minggu sebelumnya, wanita berusia 26 tahun itu sedang melakukan seks oral dengan pacarnya.

Namun, karena mereka sedang “terbang”,  semuanya lupa daratan dan kondom pun cobot dari dudukannya sehingga tertelan.

Kasus yang dinilai tidak biasa itu dipaparkan ole Journal of Medical Case Reports dan telah menarik banyak minat di seluruh dunia.

Menurut dokter Carlson B Sama, dari departemen bedah di Universitas Buea di Kamerun, perempuan muda itu datang ke klinik dengan keluhan sakit dan nyeri di perut bagian bawah.

Seperti dilaporkan dalam jurnal, rasa sakit telah meningkat selama beberapa hari dan obat penghilang rasa sakit konvensional tidak dapat menghilang rasa sakit itu.

Karena curiga akan usus buntu, dokter melakukan pemindaian ultrasound yang akhirnya menemukan usus buntuhnya membengkak.

Sebuah operasi darurat mulai, dan ahli bedah berhasil memotong usus butu perempuan tersebut tanpa komplikasi.

Namun, dokter mengatakan, tampak fisik organ usus buntu itu tidak biasa. Setelah dokter membedahnya untuk mengetahui lebih lanjut, mereka terkejut menemukan potong-potongan kondom di dalamnya.

Walaupun dokter tidak percaya perempuan itu menguyah benda asing tersebut, perempuan itu akhirnya mengingat awal mula kondom itu.

Rupanya perempuan itu pernah “menguyah” kepunyaan pria-nya dua minggu sebelumnya. Namun, hal itu tidak diungkapkannya kepada dokter.

Para dokter yakin kondom itu robek menjadi potongan-potongan kecil saat melewati usus besarnya dan membuat potong kecil itu menyelinap ke usus buntuh.

Terlepas dari penemuan yang aneh itu, operasi berhasil. Perempuan itu keluar dalam keadaan sehat seperti biasa empat hari setelah operasi dilakukan.

Meskipun kasusnya jarang terjadi, usus buntu disebabkan oleh konsumsi bahan asing telah sering dialami banyak orang sebelumnya.

Sebagai dokter menulis dalam laporan mereka, menelan benda-benda seperti peluru, koin, batu dan bulu sikat gigi, semuanya telah dilaporkan menyebabkan usus buntu dalam literatur medis masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com