Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Kota Masa Depan, ‘Transit Elevated Bus’ untuk Atasi Kemacetan

Kompas.com - 26/05/2016, 13:31 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – Bus yang disebut dengan nama ‘Transit Elevated Bus’ ini mungkin dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan angkutan publik di masa depan.

Perusahaan China mengklaim, angkutan umum di berbagai kota besar yang terjebak kemacetan takkan akan mengalami hambatan di masa depan jika “bus masa depan” itu segera terwujud.

Bus itu akan bergerak di atas mobil-mobil pribadi dan angkutan kecil lainnya, seperti dilaporkan oleh situs berita Metro.co.uk,  Rabu (25/5/2016).

Model 'Transit Elevated Bus' itu akan dipamerkan pekan ini di  International High-Tech Expo ke-19 di Beijing, China.

Pergerakan angkutan umum baru yang akan sedang dirintis China ini akan terhindar dari kemacetan yang disebabkan kepadatan kendaraan lainnya.

Bus yang mampu membawa sekitar 1.200 penumpang itu melaju dengan membiarkan kendaraan lain tetap melaju di kolong bus itu.

Rex/Metro.co.uk ‘Transit Elevated Bus’ yang disebut sebagai 'bus masa depan' untuk mengatasi kemacetan yang dialami angkutan umum perkotaan.

Sopir atau pengemudi berada di bagian atas mobil.  Bus akan berjalan di satu set rel tetap yang tertanam di jalan, yang berarti bus model ini lebih merupakan persilangan antara trem dan bus.

Para insinyur merancang bus masa depan ini untuk meningkatkan ketersediaan ruang jalan, dan mengatasi kemacetan lalu lintas seperti yang dialami bus reguler.

Hal ini juga diharapkan untuk menghemat biaya dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com