Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Si Penerima Donor Penis Berharap Lekas Jadi "Manusia Komplet"

Kompas.com - 19/05/2016, 12:35 WIB

BOSTON, KOMPAS.com - Thomas Manning, lelaki 64 tahun yang menjalani operasi pencangkokan penis di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, AS, berharap dapat segera menjadi "manusia komplet".

Manning yang menjadi manusia pertama di AS yang menjalani transplantasi alat vital tersebut, berharap dapat segera keluar dari RS dan menjadi manusia "normal".

"Tidak ada kekhawatiran di benak saya. Semuanya akan berjalan baik, dan itu segalanya buat saya," kata Manning yang masih dalam perawatan di RS itu, Rabu waktu setempat (18/5/2016).

"Anda boleh menerjemahkan pernyataan saya itu sebagaimana Anda mau," kata dia lagi, seperti dikutip dari Associated Press.

Sebelumnya diberitakan, tim dokter berhasil merestorasi sepenuhnya penis Manning, yang diambil dari seorang donor yang baru saja meninggal dunia.

Operasi itu membutuhkan waktu selama 15 jam. Manning adalah karyawan bank asal Massachusetts.

Jika semua berjalan lancar maka Thomas Manning bisa kembali buang air kecil secara normal dalam beberapa pekan ke depan.

Selanjutnya, penisnya bisa berfungsi untuk hubungan seksual dalam beberapa bulan setelah operasi.

Jika transplantasi ini berhasil, maka cara yang sama dapat digunakan untuk mengobati para tentara yang terluka di bagian vital, termasuk para penderita kanker seperti Manning.

Baca: Para Dokter Sukses Gelar Cangkok Penis Pertama di AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com