Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Perempuan Kulit Hitam Hiasi Uang 20 Dollar AS

Kompas.com - 22/04/2016, 16:13 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Uang pecahan 20 dollar AS yang selama ini dihiasi gambar wajah Andrew Jackson, presiden ketujuh AS, akan berganti rupa.

Nantinya, wajah yang akan dipampang di atas lembaran uang ini adalah wajah Harriet Tubman (1822-1913), seorang aktivis anti-perbudakan yang membantu pelarian ratusan budak lewat jalur kereta bawah tanahnya.

Harriet akan menjadi perempuan sekaligus tokoh kulit hitam pertama yang menghiasi uang kertas AS sejak wajah Martha Washington yang terpampang di pecahan 1 dollar lebih dari 100 tahun lalu.

"Keputusan untuk menggunakan wajah Harriet Tubman di atas uang 20 dollar didasari usul dari ribuan warga AS dari berbagai usia," kata Menteri Keuangan AS, Jack Lew.

Lew menambahkan, uang dengan wajah Harriet Tubman ini dijadwalkan mulai digunakan pada 2020.

Kementerian Keuangan AS juga mengumumkan, wajah Alexander Hamilton, salah satu pendiri AS, tetap digunakan untuk pecahan 10 dollar.

Namun, wajah para aktivis yang memperjuangkan hak pilih perempuan di AS, yaitu Lucretia Mott, Sojourner Truth, Susan B Anthony, Elizabeth Candy Stanton, dan Alice Paul, akan dicetak di bagian belakang uang itu.

Lebih dari 118.000 orang dari 609.000 orang yang disurvei menginginkan wajah Harriet Tubman, aktivis kelahiran Maryland itu, tampil di lembaran uang 20 dollar AS.

Uang baru ini dijadwalkan bisa digunakan pada 2020 bersamaan dengan peringatan 100 tahun Amandemen ke-19 yang memberi hak pilih kepada perempuan AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com