Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Pengolahan Minyak Meledak, 3 Tewas dan Ratusan Luka-luka

Kompas.com - 21/04/2016, 14:39 WIB

COATZACOALCOS, KOMPAS.com - Sebuah ledakan besar terjadi di fasilitas pengolahan minyak di wilayah Veracruz, wilayah tenggara Meksiko, menewaskan tiga orang dan melukai 136 lainnya.

Ledakan terjadi di wilayah kerja perusahaan minyak milik Meksiko, Pemex di Kota Coatzacoalcos, Kamis (21/4/2016), sekitar pukul 03.00 WIB.

Ratusan orang dievakuasi dan sejumlah sekolah di kawasan itu ditutup. Foto yang tersebar menunjukkan adanya jilatan api dan asap hitam yang mengudara. 

Penyebab ledakan hingga saat ini belum diketahui. Ledakan serupa pernah terjadi beberapa kali di fasilitas milik Pemex.

Gubernur Veracruz Javier Duarte mengungkapkan ledakan itu terasa hingga radius 10 kilometer. 

Namun demikian, jilatan api dengan cepat dapat dikendalikan. Hanya saya, pada penduduk diperintahkan untuk tetap berada di dalam rumah, karena adanya potensi gas beracun dari asap kebakaran.

Kendati demikian, pihak Pemex mengungkapkan, asap dengan cepat menghilang. Hal itu mengurangi kemungkinan adanya gas berbahaya yang terhirup warga.

Berdasarkan data dari Pemex, sejauh ini terdata ada 136 orang yang terluka, yang 88 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit, dan 13 berada dalam perawatan intensif. 

Video yang menggambarkan kebakaran ini menyebar di mesia sosial, salah satunya tentang kesibukan yang terjadi di rumah sakit usai ledakan. Keramaian terjadi di sana dan sejumlah pasien terlihat mengerang akibat luka yang dialami. 

Pemex mengungkapkan, ledakan terjadi di salah satu fasilitas mereka yang dijalankan oleh anak perusahaan Pemex, Mexichem.

Kantor berita Associated Press menyebutkan, pabrik itu memproduksi vinyl chloride, sebuah zat kimia berbahaya yang biasa digunakan untuk pembuatan pipa PVC dan material kemasan.

Sementara, ekspor minyak dari pabrik ini, adalah salah satu yang terbesar di Meksiko. Namun lini usaha ini dipastikan tak terimbas insiden ledakan tersebut.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com