Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wartawan Jalani Eksekusi Mati di Hadapan Regu Tembak

Kompas.com - 12/04/2016, 09:00 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Hassan Hanafi, seorang mantan wartawan di Somalia, yang terbukti membantu kelompok milisi al-Shabab untuk membunuh lima wartawan, telah dieksekusi mati di hadapan regu tembak di Mogadishu.

Seperti diwartakan BBC Indonesia, Selasa (12/4/2016), Hassan Hanafi, yang sebelumnya dipandang sebagai wartawan yang dihormati. Dia divonis hukuman mati bulan lalu oleh pengadilan militer.

Baca: Bantu Kelompok Pemberontak, Mantan Wartawan Divonis Hukuman Mati

Hasan terbukti membantu kelompok milisi dengan mengidentifikasi sasaran di antara para wartawan dari periode tahun 2007 hingga 2011.

Lelaki ini bergabung dengan kelompok bersenjata al-Shabab setelah bekerja dengan Radio Andalus yang menjadi corong al-Shabab di Somalia.

Lebih 25 wartawan dibunuh di Somalia sejak tahun 2007, demikian data yang diungkapkan Komite Perlindungan Jurnalis. 

Saat Hasan bekerja untuk al-Shabab, dia bertugas menelpon wartawan dan mengancam mati mereka jika menolak bergabung dengan kelompok militan tersebut. 

Al-Shabab sering kali melakukan serangkaian serangan di Mogadishu dan kota-kota lain. Kelompok ini masih menguasai banyak daerah pedesaan di Somalia selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com