Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melawan ISIS, Seorang Jurnalis Suriah Ditembak di Kepala

Kompas.com - 11/04/2016, 06:00 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Mohammed Zaher al-Shurqat, seorang jurnalis asal Suriah yang dikenal menentang gerakan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), kini berada dalam kondisi kritis dalam perawatan di rumah sakit.

Zaher mengalami luka tembak di kepala, Minggu (10/4/2016). Penyerangan dilakukan oleh seorang pria bertopeng di sebelah selatan Turki.

Berdasarkan data yang dihimpun Kantor Berita AFP, Mohammed Zaher al-Shurqat diketahui sedang berjalan kaki di Kota Gaziantep, yang berada dekat perbatasan Suriah.

Berdasarkan berita yang diwartakan Kantor Berita Dogan dan Natolia, dia lalu dibidik oleh seorang bersenjata. 

Selama ini, Zaher bekerja di Aleppo Today TV, yang merupakan media yang tegas menentang gerakan teroris ISIS, yang kebetulan menguasai wilayah utara Provinsi Aleppo. 

Zaher langsung dilarikan ke rumah sakit dan dirawat intensif. 

Berdasarkan penjelasan Ibrahim al-Idelbi, seorang pegiat Suriah di Gaziantep, upaya pembunuhan Zaher mueupakan yang kedua dalam tiga bulan terakhir. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com