Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Orang Tewas Diamuk Gajah di India Timur

Kompas.com - 21/03/2016, 16:38 WIB

KOLKATA, KOMPAS.com — Lima orang tewas diserang empat ekor gajah liar yang mengamuk sehingga memicu kepanikan di India timur. Pejabat terkait di India, Senin (21/3/2016), mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu pagi.

Peristiwa empat ekor gajah mengamuk itu terjadi di desa Bhatar, negara bagian Benggala Barat, setelah gajah itu terpisah dari gerombolan besar lainnya.

Menteri Kehutanan Benggala Barat Benoy Krishna Burman mengatakan, para korban tewas terinjak-injak setelah gajah mengamuk saat warga melemparkan batu untuk mencoba menakut-nakuti gajah. Seorang warga lainnya terluka parah.

Dari empat ekor gajah itu, seekor gajah jantan mati terkena anak panah yang dilesatkan oleh seorang petugas jagawana yang memang dipanggil untuk membantu warga. Tiga ekor lainnya, terdiri seekor betina dan dua anaknya, kabur.

Ahli satwa liar mengatakan, konflik antara manusia dan gajah meningkat di daerah pedesaan India karena rusaknya habitat hewan itu. Gajah juga sudah sering menjadi korban perburuan liar oleh warga yang ingin mendapatkan gading.

Bulan lalu, gajah liar juga mengamuk di sebuah kota di India timur sehingga merusak sekitar 100 rumah, toko-toko, dan bangunan lainnya.

Foto menunjukkan hewan berkeliaran di sekitar Siliguri, sekitar 577 kilometer (360 mil) utara dari Kolkata. Hewan itu mengamuk ketika penduduk bergegas keluar dari jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com