Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Menembakkan Lagi Beberapa Rudal Balistik Jarak Pendek ke Laut Jepang

Kompas.com - 21/03/2016, 14:34 WIB
SEOUL, KOMPAS.com –Korea Utara, Senin (21/3/2016), menembakkan lagi beberpa roket atau rudal jarak pendek ke Laut Jepang.  Proyektil jatuh dalam jarak 200 kilometer (km) dari titik awal, tidak lebih maju dari sebelumnya yang pernah mencapai 800 km.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip pejabat pemerintah, melaporkan, proyektil dilepaskan pada sekitar pukul 15.30 waktu setempat atau 13.30 WIB, dari pantai Hamhung, pesisir timur Korut.  Rudal-rudah itu jatuh di Laut Timur atau Laut Jepang.

Uji coba terbaru kali ini terjadi beberapa hari setelah penembakan dua rudal jarak menengah ke perairan yang sama. Rudal yang diluncurkan pada Jumat pekan lalu terbang sejauh 800 km dan jatuh ke dalam air.

Sejauh ini Korea Utara belum mengomentari tentang laporan tersebut. Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga tidak segera bisa dimintai keterangannya terkait dengan penembakan rudal terbaru Korut itu.

Presiden AS Barack Obama sebelumnya telah menjatuhkan sanksi baru terhadap Pyongyang, menyusul uji coba nuklir dan peluncuran satelit oleh negara itu pada Januari lalu.

AS membekukan berbagai properti Korut di AS. Selain itu, AS juga menghentikan kegiatan ekspor ke Korut dan melarang perusahaan-perusahaan AS untuk berinvestasi di Korut.

Perintah AS juga memperluas kewenangan untuk memasukkan daftar hitam terhadap individu dan perusahaan Korut, dan begitupula dengan warga di luar AS AS yang berhubungan atau berbisnis dengan individu atau perusahaan Korut.

Uji coba terbaru Senin  ini merupakan yang  kelima, yang dilakukan Korut dalam tahun ini, atau setidak-tidaknya sejak awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com