Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Berencana Kembali Uji Coba Senjata Nuklir

Kompas.com - 15/03/2016, 09:54 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un menyatakan, negaranya akan segera menggelar sejumlah uji coba hulu ledak nuklir dan rudal balistik.

Kim, sebagaimana dikutip kantor berita Korut KCNA, menyebut rangkaian uji coba itu akan “meningkatkan keyakinan” dunia terhadap kemampuan kekuatan serangan nuklir Korut.

Menurut KCNA, pernyataan tersebut dilontarkan Kim ketika dia sedang memeriksa simulasi teknologi yang diperlukan untuk menuntun rudal balistik itu kembali ke atmosfer.

Pada 10 Maret lalu, Korut menembakkan dua rudal balistik jarak pendek sejauh 500 kilometer.

Sesaat setelah peluncuran, Pyongyang mengumumkan ‘pembatalan’ semua proyek kerja sama antar-Korea dan bakal melikuidasi semua aset Korea Selatan di Korut.

Peluncuran rudal Korut dilakukan sehari setelah Kim Jong-un mengklaim negaranya mampu membuat hulu ledak nuklir mini yang bisa dipasang ke rudal-rudal balistik.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan skeptis dengan klaim Kim Jong-un karena, menurut mereka, Korut “belum sanggup membuat hulu ledak nuklir mini”.

Jika Korut benar-benar melakukan uji hulu ledak nuklir, maka itu adalah uji coba kelima setelah yang terakhir dilakukan Januari lalu. Uji coba, yang diklaim sebagai bom hidrogen tersebut, disusul oleh peluncuran satelit pada Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com