Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Vietnam, Ditemukan Bayi Kembar Berbeda Ayah

Kompas.com - 08/03/2016, 18:21 WIB
HANOI, KOMPAS.com - Di Vietnam terjadi sebuah peristiwa langka yaitu ditemukan anak kembar namun berbeda bapak. Demikian hasil tes DNA yang dilakukan di Hanoi pada Selasa (8/3/2016).

Sepasang anak kembar lahir dari pasangan suami istri asal Vietnam, yang identitasnya belum dirilis. Namun, bayi kembar itu kemudian menjalani tes karena perbedaan fisik yang mencolok di antara keduanya.

"Pusat Analisa Genetika dan Teknologi telah melakukan tes dan memastikan terdapat anak kembar dari ayah yang berbeda," kata Le Dinh Luong, presiden Asosiasi Genetika Vietnam.

"Kejadian ini sangat langka bukan hanya di Vietnam namun di seluruh dunia," ujar Luong sembari menambahkan anak kembar itu memiliki ayah berbeda namun ibu yang sama.

Kejadian langka ini bisa terjadi jika dua telur dari ibu yang sama disuburkan sperma dari dua pria berbeda lewat dua hubungan seksual yang terpisah di dalam masa subur yang sama.

Menurut harian Tuoi Tre, suami perempuan itu meminta tes DNA di sebuah laboratorium di Hanoi untuk memastikan bahwa dialah ayah dari kedua bayi itu.

Keluarga sang pria memaksanya untuk menjalani tes DNA karena wajah salah satu bayi itu berbeda dengan wajah ayah dan bayi lainnya.

Hasil tes laboratorium memastikan pria itu adalah ayah salah satu bayi tersebut namun sang istri adalah ibu bayi kembar itu.

Sementara itu, situs berita Dan Tri mengabarkan bayi kembar laki-laki itu lahir di hari yang sama hanya berselang beberapa jam namun wajahnya sangat berbeda.

Kini anak kembar itu sudah berusia dua tahun. Salah satu memiliki rambut hitam, tebal dan ikal. Sedangkan saudaranya berambut lurus dan tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com