Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"ISIS Siapkan Serangan Global, Salah Satunya ke Inggris"

Kompas.com - 08/03/2016, 14:04 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Kelompok yang menamakan diri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) diduga tengah merencanakan serangan besar ke Inggris.

Menurut Kepala Anti-Terorisme Kepolisian Inggris Mark Rowley, ada bukti kelompok militan ISIS sedang menyiapkan serangan besar di tingkat global, dan Inggris merupakan salah satu targetnya.

Seperti dikutip dari laman BBC Indonesia, Selasa (8/3/2016), Rowley mengatakan, kini ISIS memperluas upaya teror dari target berskala kecil menjadi lebih besar.

Namun, Rowley tidak menggambarkan lebih jauh rencana penyerangan ISIS yang dia ketahui. 

Sebelumnya, beberapa serangan, termasuk serangan bersenjata dan bom di Paris tahun lalu, dilakukan oleh kelompok ini.

Berbicara dalam sebuah konferensi di London, Rowley mengaku telah melakukan penangkapan terkait aksi teror di Inggris. Jumlah terduga teroris yang dibekuk pun tergolong besar, yakni 339 penangkapan.

Penangkapan itu dilakukan di wilayah Inggris, Wales, dan Skotlandia, dan menjadi angka penangkapan tertinggi hingga kini. 

Sejauh ini terlihat ada peningkatan sebesar 57 persen dalam operasi penangkapan selama tiga tahun terakhir, dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya.

Tingkat ancaman teror di Inggris pun saat ini sudah masuk kategori besar, yang berarti serangan terkait terorisme sangat mungkin terjadi.

Rowley lalu mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, kelompok ISIS telah melakukan indoktrinasi terhadap calon jihadis untuk menyerang kantor-kantor polisi dan militer.

Menurut dia, ISIS tengah mencoba menyusupkan orang-orang yang telah menerima pelatihan militer dari Suriah ke Eropa utara untuk melancarkan serangan.

Rowley mengatakan, kepolisian telah mendatangkan psikolog untuk bekerja sama dengan unit anti-teror, menyusul meningkatnya kekhawatiran bahwa orang-orang yang memiliki masalah kesehatan mental menjadi sasaran radikalisasi.

Sebelumnya, banyak analis mengatakan ada sejumlah indikasi bahwa insiden serangan di Paris tahun lalu bisa terjadi pula di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com