Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ted Cruz Ungguli Donald Trump dalam Pemilihan di Iowa

Kompas.com - 02/02/2016, 13:06 WIB
DES MOINES, KOMPAS.com — Senator Negara Bagian Texas, Ted Cruz, memenangi pemilihan bakal calon presiden AS dari Partai Republik di Iowa.

Pada akhir penghitungan suara, Cruz mendulang 28 persen dari total suara pemilih Partai Republik. Jumlah itu 4 persen lebih banyak dari perolehan suara Donald Trump yang menempati peringkat kedua. Adapun Marco Rubio, senator dari Negara Bagian Florida, berada di urutan ketiga dengan 23 persen.

Setelah hasil ini mengemuka, Marco Rubio mengucapkan selamat kepada Cruz. Adapun Trump menyatakan dia merasa "terhormat" dengan berada pada posisi runner-up.

Sementara itu, pada pemilihan bakal calon presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton tampak bersaing ketat dengan Bernie Sanders.

Dari 88 persen suara yang telah dihitung, Clinton meraup 49,9 persen suara, sedangkan Sanders mendulang 49,4 persen suara.

Ketatnya persaingan beberapa bakal calon presiden AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat membuat sejumlah figur tersisih.

Dari Partai Demokrat, sumber BBC menyebut bahwa Martin O’Malley bakal menghentikan kampanyenya karena hanya mendapat 0,6 persen suara. Jika O’Malley berhenti, praktis hanya Clinton dan Sanders yang bertarung.

Di Partai Republik, mantan Gubernur Arkansas, Mike Huckabee, menerbitkan cicitan di Twitter bahwa dia tidak akan melanjutkan kampanye. Ini berarti, bakal kandidat dari Partai Republik akan tersisa 11 orang.

Iowa ialah negara bagian pertama yang menjadi tempat berlaga dalam pemilihan pendahuluan (primary) bakal calon presiden AS dari Partai Republik dan Partai Demokrat.

Setelah Iowa, pemilihan pendahuluan akan berlangsung di beberapa negara bagian sepanjang bulan Februari, termasuk New Hamsphire pada 9 Februari. Pada 1 Maret, pemilihan bakal dilakoni di 13 negara bagian secara serentak atau dikenal dengan sebutan "Super Tuesday".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com