Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerangan Paris untuk "Membangunkan" Barat

Kompas.com - 18/11/2015, 17:14 WIB
KOMPAS.com - Pimpinan intelijen dan keamanan di Kurdistan Irak menyampaikan harapan bahwa serangan Jumat di Paris akan "membangunkan" kekuatan Barat.

Masrour Barzani mengatakan kepada BBC bahwa kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS dapat dikalahkan dalam beberapa bulan jika masyarakat dunia benar-benar terlibat.

Dia berbicara setelah pasukan Kurdi berhasil mengusir ISIS keluar dari kota strategis Irak, Sinjar.

ISIS masih menguasai banyak wilayah Suriah dan Irak, yang berupaya direbut kembali oleh pasukan pemerintah maupun kelompok pemberontak moderat.

Berbicara di markas komando di dekat garis depan Sinjar, Barzani mengatakan kepada wartawan BBC, Jim Muir, meskipun terjadi sejumlah kemunduran, ISIS tidaklah melemah secara berarti.

Dia menambahkan harapannya bahwa serangan Paris, yang menewaskan 129 orang, akan mengubah keadaan, memicu kekuatan Barat untuk lebih terlibat dalam menghadapi milisi.

"Sangat sulit untuk mengatakan ISIS melemah. Mereka kemungkinan kalah di sejumlah tempat, tetapi untuk melakukan teror tentu saja mereka melakukan metode yang berbeda," katanya.

"Saya pikir ini kemungkinan adalah perubahan taktik. Mereka berusaha melakukan lebih banyak lagi aksi sejenis jika tidak dihentikan dan ditekan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com