Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Bercanda Ada Bom, Pesawat Thai Lion Air Batalkan Penerbangan

Kompas.com - 02/11/2015, 13:05 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


BANGKOK, KOMPAS.com — Sebuah pesawat milik maskapai Thai Lion Air yang sudah siap untuk lepas landas terpaksa membatalkan penerbangan akibat candaan tidak perlu seorang penumpang.

Bangkok Post, Minggu (1/11/2015), melaporkan, Pichit Boodaeng (23 tahun) telah ditahan Kepolisian Thailand. Pichit mengakibatkan kepanikan ketika mengatakan kepada seorang pramugari untuk berhati-hati karena mungkin ada bom di dalam bagasinya.

Pramugari yang sedang sibuk membantu penumpang meletakkan koper mereka di kompartemen pesawat terkejut dengan perkataan Pichit dan segera melaporkan hal itu kepada pilot pesawat. Pilot tanpa berbasa-basi mengumumkan penerbangan domestik dari Bangkok ke Hat Yai itu dibatalkan dan penumpang pun segera dievakuasi.

Kolonel Surachet Bandit, Kepala Polisi Bandara Don Muang, mengatakan bahwa telah dipastikan tidak ada bom atau bahan peledak lain di koper Pichit. Pemuda ini sebenarnya hanya bermaksud bercanda sambil merayu si pramugari.

Pichit sendiri masih menjalani pemeriksaan dan terancam hukuman penjara maksimum lima tahun akibat perbuatannya yang melanggar hukum dengan memberikan informasi yang tidak benar yang memicu kepanikan dan membahayakan keamanan.

Thai Lion Air berang dengan peristiwa itu dan berencana menuntut Pichit secara hukum akibat peristiwa yang mengakibatkan kerugian material bagi maskapai yang berafiliasi dengan Lion Air, maskapai penerbangan Indonesia, itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com